Rumah yang Nyaman untuk Badakku

Badak Jawa
Sumber :
  • U-Report
VIVA.co.id
Edu House Rayakan Harlah ke-8
- Badak merupakan hewan yang hampir punah habitatnya dan merupakan hewan yang dilindungi. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bersyukur, di negara kita masih ada spesies yang langka dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk ikut menjaga habitat badak agar tidak punah. Badak sendiri adalah hewan yang suka hidup di daerah lembab atau daerah yang banyak air. Jadi alangkah baiknya jika habitat badak juga disesuaikan dengan habitat aslinya.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq
 
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong
Rumah yang nyaman untuk badak sendiri haruslah luas dengan banyak pepohonan dan banyak ditumbuhi rerumputan, karena badak sendiri adalah hewan herbivora yaitu jenis pemakan tumbuh-tumbuhan. Dan tidak lupa juga harus ada tempat genangan air. Alangkah lebih baik lagi kalau rumah badak ada aliran air seperti sungai karena badak sendiri adalah hewan yang suka berkubang di lumpur dan ini merupakan karakter umum seluruh badak untuk melindungi suhu tubuh dan menolong menghindari penyakit dan parasit.

Badak sendiri adalah hewan liar jadi sudah sewajarnya area atau lokasi yang akan dijadikan rumah untuk badak perlu diberi tembok pembatas yang kuat. Hal ini dimaksudkan agar orang yang mau melihat hewan ini merasa aman dan hewan tersebut juga memberikan rasa nyaman kepada hewan tersebut karena tidak akan merasa tergganggu. Seperti halnya kita sebagai manusia yang menginginkan rasa nyaman dalam hidup, begitu pula dengan badak. Mereka juga pasti menginginkan satu tempat di mana kehidupan mereka merasa tidak tergganggu.


Ini menjadi tanggung jawab kita untuk melestarikan hewan tersebut karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli dengan kepunahan hewan tersebut.Jika tidak kita jaga kelestariannya lambat laun hewan ini akan musnah habitatnya, jadi bertindak lebih awal akan lebih baik seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan".


Kitapun harus bersyukur karena tidak semua negara di dunia ini memiliki hewan badak. Jika tidak kita jaga mulai sekarang,mungkin nanti generasi anak cucu kita tidak akan pernah melihat lagi hewan bercula satu ini. Dan rumah badak yang nyaman akan membuat populasi badakpun akan semakin terjaga.
(Cerita ini dikirim oleh Jumaroh – Temanggung)


(Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?")


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya