Penyelundupan Manusia

Polisi Tingkatkan Patroli Manusia Perahu

VIVAnews - Kepolisian akan mencegah penyelundupan manusia (people smuggling) melalui perairan Indonesia.

"Kita akan meningkatkan patroli," kata Juru Bicara Kepolisian, Inspektur Abubakar Nataprawira kepada VIVAnews, Kamis 4 Februari 2009. Namun, kata Abubakar, patroli polisi terbatas. Sebab, dalam beberapa kilometer dari perbatasan, wewenang patroli ada di tangan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Polisi, kata dia, juga menjalin kerjasama dengan Kepolisian Federal Australia dalam mencegah penyelundupan manusia. "Kerjasamanya dalam tukar menukar informasi," kata dia.

Polisi telah menangkap 41 pencari suaka asal Pakistan dan Afganistan yang akan menyelundup ke Australia di perairan Teluk Bau Bau, Sulawesi Utara, Senin 2 Februari 2009 pukul 21.30 waktu setempat. Dalam penangkapan, kepolisian dibantu Australian Federal Police (AFP), Kepolisian Bau Bau, dengan jajaran serse intelnya.

Menurut Abubakar, polisi akan menindak warga Indonesia yang melakukan penyelundupan manusia. "Kita akan tindak tegas," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji mengatakan tiap bulan orang-orang dari Pakistan, Afganistan, Irak, Bangladesh, dan Srilangka menuju Australia

Modusnya, hampir selalu sama. "Mereka mengaku terdampar, mengaku kapal rusak, pura-pura isi air," kata Susno. Dengan alasan itulah, tambah dia, kapal para pencari suaka mampir ke Indonesia. "Padahal tujuannya ke Australia," tambah Susno.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024