75% Industri Terpusat Di Jawa

VIVAnews - Penyebaran kawasan-kawasan industri masih terkonsentrasi di pulau Jawa. Data Departemen Perindustrian menyebutkan, sebanyak 75 persen dari kawasan industri di Indonesia hanya menyebar di pulau Jawa.

Sebaran industri yang tidak merata, menurut Menteri Perindustrian Fahmi Idris, sangat wajar mengingat ketersediaan infrastruktur di luar Jawa masih minim.

"Pemerintah harus mencukupi infrastruktur yang lemah di luar Jawa, terutama pelabuhan," kata Fahmi di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2009.

Untuk itu, dia meminta kepada pemerintahan selanjutnya agar kelengkapan infrastruktur di wilayah pengembangan industri di luar Jawa dipenuhi. Sebab, di luar Jawa lah sumber bahan baku berada.

"Contohnya, Kalimatan Tengah yang terkumpul sumber bahan baku terkendala jalan yang buruk sehingga menjadi tidak ekonomis. Oleh karena itu dikembangkan konsep pengadaan jaringan kereta api di seluruh Kalimantan," kata Fahmi.

Begitu pun dengan jalur lintas Sumatera, menurut Fahmi, antara barat dan timur harus sama baiknya. "Hanya dengan kesiapan kelengkapan infrastruktur maka pusat-pusat industri akan tumbuh," ujarnya.

Kelompok sentra industri yang berpotensi dikembangkan di luar Jawa di antaranya, sentra produksi pengolahan sawit yakni Riau, Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Sentra pengolahan baja di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Sedangkan sentra produksi aluminium di Kalimantan Barat.


antique.putra@vivanews.com

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024