Realisasi Stimulus Serap 517 Ribu Pekerja

VIVAnews - Realisasi penyerapan paket stimulus yang sudah mencapai 27 - 30 persen hingga September 2009 diperkirakan telah memberikan kontribusi lebih dari 1 persen di sektor ketenagakerjaan.

"Belanja stimulus sudah menyerap 517 ribu orang atau memberikan kontribusi sekitar satu persen," kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta usai rapat koordinasi terakhir menteri ekonomi di lingkungan kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu kemarin, 14 Oktober 2009.

Ratusan ribu pekerja yang telah terserap dihitung berdasarkan asumsi 2008 di mana satu persen pertumbuhan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 400 ribu orang.

"Jadi walau belum terserap semua, realisasi stimulus sudah bisa menaikkan angka ketenagakerjaan lebih dari satu persen," ujarnya.

Dengan demikian bisa menurunkan angka pengangguran dan tingkat kemiskinan sekitar 13-14 persen. "Mungkin akan lebih turun lagi menurunkan angka pengangguran pada Desember, yang diharapkan penyerapannya paling tidak mencapai 90 persen," kata Paskah.

Paskah yakin program paket stimulus akan tetap dilanjutkan pada kabinet mendatang jika terjadi keadaan mendesak untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran.

hadi.suprapto@vivanews.com

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menpora Dito Ariotedjo buka suara terkait jebolan PPLP, PPOP, dan SKO Kemenpora mendominasi skuad Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024