Kondisi Kesehatan Pemicu Rambut Rontok

VIVAnews - Saat bangun di pagi hari lalu menemukan banyak rambut rontok di bantal memang sangat menjengkelkan. Saat menyisir atau keramas Anda juga pasti sering melihat rambut rontok menempel pada tangan.

Keadaan demikian banyak dialami para wanita. Pemicunya bukan hanya karena sampo yang tidak sesuai atau perawatan rambut yang kurang, tetapi juga kondisi kesehatan Anda. Menurut Diane Berson, seorang dermatologis dari Weill Cornell Medical College di New York, Amerika Serikat banyak sekali kasus rambut rontok disebabkan karena masalah kesehatan tubuh.

- Anemia
Zat besi sangatlah penting bagi kekuatan rambut. Rendahnya kadar zat besi pada sel darah merah membuat folikel rambut lemah dan mudah rontok. Segera konsumsi suplemen penambah zat besi pada darah untuk mengatasinya. Minum vitamin C juga bisa Anda lakukan karena membuat penyerapan zat besi pada tubuh menjadi lebih efektif.

- Konsumsi obat
Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memicu kerontokan rambut. Biasanya obat-obatan antidepresant dan diuretik memiliki efek samping merontokkan rambut. Jika rambut Anda rontok setelah mengonsumsi obat tertentu, segera konsultasikan dengan dokter.

- Hormon
Ketidakseimbangan hormon bisa meningkatkan level zat kimia alami pada tubuh yang disebut DHT. Zat tersebut bisa merusak folikel rambut dan memicu kerontokan. Hindari mengonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa memicu ketidakseimbangan hormon.

- Diet
Diet yang tidak memperhatikan asupan nutrisi yang tepat bisa menimbulkan masalah kesehatan. Seperti sakit kepala, dehidrasi, kulit kering dan rambut rontok. Pastikan makanan Anda memenuhi asupan gizi yang lengkap meski sedang menjalani diet.
     

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024