Selasa, 21 Oktober 2014
13:58 WIB
2013, Stasiun Luar Angkasa Keempat China Siap
Tempat itu akan digunakan untuk meluncurkan komponen bagi stasiun angkasa luar masa depan.
Muhammad Firman, Harriska Farida Adiati | Rabu, 16 September 2009, 00:05 WIB

VIVAnews - China telah mulai mengerjakan pusat stasiun angkasa luar keempatnya. Pusat angkasa luar yang terletak di Provisinsi Hainan tersebut akan terdiri atas tempat peluncuran, pengontrol misi, dan fasilitas untuk pengembangan teknologi dan percobaan ilmiah.

Seperti dikutip dari Xinhua, tempat itu akan digunakan untuk meluncurkan komponen bagi stasiun angkasa luar masa depan dan dimanfaatkan sebagai tempat eksplorasi angkasa luar, serta peluncuran satelit komunikasi.

Pusat angkasa luar itu dijadwalkan akan dibuka pada 2013 di lokasi 19 derajat Lintang Utara, lebih ke selatan dibanding lokasi pusat angkasa luar lain, sehingga lebih memungkinkan untuk meluncurkan satelit komunikasi geostasioner. Menurut State Council dan komite militer pusat CPC, roket-roket yang digunakan tidak beracun dan bebas polusi.

China memiliki ambisi besar dalam misi angkasa luar. Selain berencana mendirikan stasiun angkasa luar, China juga berencana mendaratkan pesawat tak berawak di Bulan dalam kurun tiga tahun ini, serta medaratkan manusia dalam misi Bulan pada 2017, mendahului recana misi Amerika Serikat.

Pusat angkasa luar lain terletak di Jiuquan, Taiyuan dan Xichang. Sejauh ini, pusat kontrol tersebut sudah melakukan lebih dari 100 peluncuran.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya