Ahok: Kalau Saya Pakai Peci Terlalu Ganteng

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat ikut menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Adanya perubahan foto calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dalam kertas suara telah menjadi pembicaraan publik. Namun, perubahan ini tidak diikuti oleh calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Djarot pada surat suara putaran dua menggunakan kopiah atau peci, tapi Ahok tidak.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017
Ahok menanggapi santai perubahan foto dari wakilnya tersebut. Perubahan pada surat suara putaran kedua ini, Djarot terlihat mengenakan peci dan Ahok berpenampilan sama seperti di putaran pertama.
 
SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017
Ahok menanggapi dengan berseloroh, ketika awak media bertanya kenapa perubahan Djarot menggunakan peci tidak diikutinya.
 
Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax
"Pak (Ahok), ada rencana mau ikuti Pak Djarot pakai peci di surat suara?" tanya wartawan usai blusukan di kawasan Koja, Jakarta Utara, Jumat 24 Maret 2017. 
 
"Kalau (saya) pakai peci terlalu ganteng," jawabnya berseloroh. 
 
Seperti diketahui, perubahan dalam surat suara di putaran kedua sempat menjadi bahan pembicaraan pasangan kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan diikuti komentar di media sosial. Simbol peci itu, dianggap meniru pasangan yang didukung Partai Gerindra dan PKS ini, karena dalam surat suara putaran pertama dan kegiatan aktivitasnya kerap menggunakan peci.
 
Dalam kesempatan sebelumnya, Djarot pun sempat menjelaskan alasan dirinya menggunakan peci. Menurut dia, penampilan barunya itu dalam kertas suara merupakan usulan dari tim pemenangan.
 
Alasannya, peci telah menjadi simbol identitas nasional seperti yang sudah dipopulerkan terlebih dahulu oleh Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. 
 
"Peci ini sebagai simbol nasional, yang memopulerkan Bung Karno," kata Djarot.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya