Wapres Minta Jembatan Antapani Jadi Proyek Percontohan

Jembatan Antapani.
Sumber :

VIVA.co.id – Overpass Antapani Kota Bandung Jawa Barat dengan nama Jembatan Layang 'Pelangi Antapani' hari ini diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Turut mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Ribuan Rumah Terendam, 4 Jembatan Putus dan 1 Orang Hilang Akibat Banjir di Sumsel

Dalam kesempatan tersebut Jusuf Kalla mengatakan, jembatan dengan teknologi modern itu diharapkan menjadi percontohan Nasional untuk diikuti oleh daerah-daerah lain dalam optimalisasi proyek infrastruktur.

"Kalau dibikin seperti ini enam bulan bisa selesai. Kita dengan anggaran terbatas ingin hasilnya lebih banyak," kata Jusuf Kalla di Antapani Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 24 Januari 2017.

Jembatan Besi dan Jembatan Gantung di Jambi Putus Diterjang Banjir

Overpass Antapani merupakan pilot project dari teknologi corrugated mortar busa pusjatan (CMP), yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Baja struktur yang digunakan di overpass Antapani berbentuk corrugated atau armco, dengan tiga jumlah bentang. 

Panjang untuk bentang tengah adalah 22 meter dengan tinggi ruang bebas vertikal 5,1 meter, dan lebar bentang lainnya adalah 9 meter.

Jembatan Gantung yang Jadi Akses Warga Hancur Diterjang Banjir Bandang di Jambi

Basuki menjelaskan, kelebihan teknologi CMP ini adalah masa konstruksi yang lebih cepat 50 persen, jika dibandingkan konstruksi beton pada umumnya yang memakan waktu hingga 12 bulan. 

Kelebihan lainnya adalah, memiliki bentangan konstruksi jembatan yang panjang, dan lengkungan jembatan dapat mencapai 36 meter, sehingga mampu mengakomodir hingga delapan lajur kendaraan di bawah jembatan. 

"Jika ini berhasil, makan akan menjadi suatu teknologi baru dan bisa dibayangkan berapa penghematan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya