OJK Ungkapkan 80 Entitas Investasi Bodong

Ilustrasi / Warga tertipu investasi bodong.
Sumber :
  • Darmawan/Depok

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan sejak periode 2013 sampai 2016 lalu mencatat ada setidaknya 801 informasi dan pertanyaan dari masyarakat mengenai 484 entitas yang diduga melakukan investasi bodong. Dari jumlah tersebut, sebanyak 217 laporan dapat ditindaklanjuti.

Terungkap Alasan Gen Z Rentan Terjerat Investasi Bodong, Ini Kata Pakar

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaniangtuti S. Soetiono, mengungkapkan meskipun 217 laporan dapat ditindaklanjuti, sebanyak 267 entitas lainnya justru tidak dapat ditindaklanjuti, karena keterbatasan informasi yang diperoleh.

"Sudah clear semua. Tapi ada 80 laporan yang benar-benar tidak jelas izinnya," kata Kusumaniangtuti dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Datangi MA, Korban Investasi Bodong Doni Salmanan Desak Aset Bisa Dikembalikan

Ia menjelaskan, 80 entitas tersebut telah dicantumkan dalam Investor Alert Portal, yang dapat diakses melalui laman http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Home dan mobile apps SikapiUangmu. Ini pun sudah dilakukan koordinasi dengan Satuan Tugas Waspada Investasi.

Sebagai langkah preventif, OJK melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap praktik dan karateristik investasi khususnya yang tidak memiliki kejelasan legalitas, dengan melakukan kegiatan sosialisasi, edukasi, dan pemberian informasi melalui Iklan Layanan Masyarakat secara masif.

Korban Investasi Bodong EDCCash Malah Minta Kasusnya Dihentikan, Ada Apa?

Sebagai informasi, untuk 2016, OJK telah melakukan 48 kegiatan edukasi tematik kepada masyarakat di 26 kota yang marak dengan kegiatan investasi yang tidak memiliki kejelasan mengenai aspek legalitas.

Hingga Desember tahun lalu, telah terbentuk 38 tim kerja SWI yang berlokasi di 35 Kantor Regional/Kantor OJK. "Serta 3 Tim Kerja SWI yang berlokasi di Kabupaten Malang, dan Kota Probolinggo," lanjut Kusumaniangtuti. (ren)

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024