Bawaslu Wacanakan Intelijen Awasi Pemilu

ilustrasi/Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)
Sumber :
  • VIVA/Ade Alfath

VIVA.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusulkan sebuah konsep Election Intelligence Unit (EIU), sebagai upaya deteksi dini, early warning, mitigasi dan prediksi terhadap potensi terjadinya pelanggaran Pemilu.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Komisioner Bawaslu, Daniel Zukron mengatakan, hal itu diperlukan karena semakin kreatifnya peserta pemilu dalam mengakali peraturan yang berlaku.

"Seperti pada kasus rekening khusus dana kampanye, politik uang, pemasangan iklan kampanye, dan lainnya yang kerap muncul dalam perhelatan pemilu," kata Daniel dalam jumpa pers di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis 19 Januari 2016.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Daniel menjelaskan, secara konseptual yang dimaksud dengan proses intelijen adalah suatu rangkaian kegiatan yang terkait satu sama lain, dan pada akhirnya dapat memberikan suatu kesimpulan yang relatif tepat.

Konsep EIU menjadi cara Bawaslu memiliki peta jalan pencegahan, agar cara kreatif yang cenderung nakal dari berbagai modus pelanggaran itu dapat diantisipasi.

Timsel Serahkan Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu ke Jokowi

Untuk menunjang efektifnya pelaksaan upaya tersebut, lanjut dia, maka diharapkan kerja sama dengan pemerintah lain seperti BI, PPATK, OJK, BIN, TNU, Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

Harapannya, dari data tersedia hingga tingkat analisa yang sudah dilakukan akan memunculkan sebuah prediksi terhadap sebuah pelaksanaan kontestasi pemilu.

"Sebagai contoh, Bawaslu Awasi Ketat Coblosan di Pilkada DKI Jakarta atau Politik Uang Diprediksi Muncul di Pilkada Jawa Timur," ujarnya.

Ia berharap, proses pembahasan UU Pemilu di DPR RI yang sedang berlangsung saat ini, dapat mengakomodasi penguatan kapasitas tersebut. "Pemetaan daerah rawan yang selama ini dijalankan Bawaslu perlu diperkuat dengan pembentukan EIU," kata dia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya