Rocky Gerung: Pembuat Berita Hoax Terbaik adalah Penguasa

Rocky Gerung
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, Rocky Gerung, memaparkan pendapatnya terkait isu hoax.

Dian Sastrowardoyo Ungkap Pengalaman Jadi Murid Rocky Gerung: Itu Nightmare Gue!

Pria yang berprofesi sebagai penulis dan dosen ini mengatakan bahwa pembuat hoax terbaik adalah penguasa.

"Pembuat hoax terbaik adalah penguasa, karena mereka memiliki seluruh peralatan untuk berbohong. Intelijen dia punya, data statistik punya, media punya. Orang marah, tapi itulah faktanya," ujar Rocky dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa malam 17 Januari 2017.

Tak Pandang Bulu, Dian Sastrowardoyo Kena Semprot Rocky Gerung saat Bimbingan Tugas Akhir

Rocky menambahkan bahwa hanya pemerintah yang mampu berbohong dengan sempurna. Sehingga, dia yakin bahwa potensi untuk membuat hoax sangatlah besar.

“Bahwa hanya pemerintah yang mampu berbohong dengan sempurna. Saya enggak ingin dia berbohong, tapi potensinya, dia bisa lakukan itu," ungkapnya.

Rocky Gerung Terjun ke Dunia Olahraga

Pria kelahiran Manado ini memberikan contoh, bagaimana kebohongan itu dibuat. Salah satunya terkait debat Pilkada DKI Jakarta, yang menyebutkan Ahok mendapatkan penghargaan empat kali berturut-turut.

“Pak Ahok bilang development index-nya tertinggi se-Indonesia dalam dua tahun berturut-turut. Oleh karena itu, Ahok dapat award empat kali. Sebagai fakta, itu benar. Tapi sebagai pesan politik, itu adalah hoax, karena enggak ada gunanya menyebutkan itu. Sebab, dari 10-12 tahun lalu, Jakarta selalu di atas, sebagai Ibu Kota dengan APBN 27 triliun," kata Rocky.

Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan

Rocky Gerung: Mental Petarung Surya Paloh Lama-lama Mulai Mengalami Inflasi

Pertemuan Prabowo Subianto dengan pentolan Nasdem Surya Paloh tengah jadi sorotan. Rocky Gerung singgung mental Paloh yang makin lama susut.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024