Strategi Anies-Sandi Hadapi Debat Malam Ini

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA/ Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat publik terbuka Pilkada DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat malam ini, 13 Januari 2017.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Jelang pelaksanaan debat itu, calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, berdiskusi dengan sejumlah ahli dan pakar di kawasan Cisanggiri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ketua tim kampanye, Mardani Ali Sera, mengatakan diskusi internal selain diikuti Anies-Sandi, juga melibatkan tim dewan pakar Anies-Sandi dan sejumlah ahli, mulau dari ahli perkotaan, ekonomi, kesejahteraan sosial dan sebagainya. Namun, kata Mardani, tidak ada persiapan khusus jelang debat nanti malam. 

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Normal saja, Mas Anies sama Bang Sandi baru gabung di tim di Cisanggiri (malam tadi). Ada dua tim, satu tim debat, satu tim konten atau dewan pakar. Dewan pakar nyiapin bahan, tim debat buat simulasi masalah macet gimana, banjir gimana, perumahan gimana, dan sebagainya. Terus opsi solusinya," Mardani menjelaskan.

Menurut Mardani, ahli yang hadir dalam diskusi tersebut merupakan ahli yang berlatar belakang akademisi dan kompeten di bidangnya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Ada Ali Mukti, ada Bambang Widjojanto, ada Marco Kusumawijaya (ahli perkotaan). Pakar ekonominya ada Pak Yusuf Wibisono, Ada Edi Junaidi (ahli Kesos)," ujarnya.

Debat terbuka pertama akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, malam hari ini, pukul 20.00-22.00 WIB. Tema yang diusung terkait pembangunan sosial ekonomi untuk Jakarta. Topik tersebut lantas dielaborasi lagi menjadi permasalahan lingkungan hidup, transportasi, pendidikan, keamanan, dan lainnya.

KPU DKI telah memilih panelis atau tim perumus materi debat. Mereka merupakan pakar di bidang masing-masing. Sementara untuk moderator debat, KPU DKI menunjuk Ira Koesno.

Metode debat dilakukan dengan cara moderator bertanya kepada pasangan calon terkait tema-tema itu. Pasangan calon lantas menjawabnya. Bukan hanya itu, pasangan calon juga bisa saling bertanya satu sama lain. Dalam menjawab pertanyaan, setiap calon diberikan batasan waktu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya