Pesawat Tergelincir, Lion Air Diminta Terbuka

Pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani Semarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Anggota Komisi V DPR, Nizar Zahro, meminta pihak Lion Air untuk membuka ke publik soal kondisi pesawat yang tergelincir pada Minggu sore, 25 Desember 2016, di Bandara Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

"Kejadian ini musibah panjang dunia penerbangan Indonesia. Apalagi ini kejadian overshoot atau keluar runway pada saat melakukan proses pendaratan," kata Nizar kepada VIVA.co.id, Senin, 26 Desember 2016.

Menurut dia, Komisi Nasional Keselamatan Tranaportasi (KNKT) harus segera melakukan penyelidikan. Apakah human eror, atau karena faktor cuaca yang memang hujan. Atau bahkan karena kondisi pesawat.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

"Karena ada dugaan seperti kesaksian penumpang roda patah dari suara patahnya, tapi ini pun dugaan," ujar politikus asal Partai Gerindra itu.

Untuk melihat apa yang terjadi, menurutnya, riwayat pesawat harus dibuka. Sebab, walau dalam kondisi hujan yang berpengaruh pada landasan pacu, ATC tetap memberi izin mendarat.

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen

"Jadi, dugaan akibat cuaca atau as patah atau human error hanya bisa dilihat terhadap riwayat pesawat Wings Air, karena setiap pesawat pasti memiliki riwayat perbaikan yang bisa dilàcak. Saya berharap agar manajemen Lion terbuka menyampaikan kepada publik," jelasnya.

Untuk itu, ia berharap agar KNKT bisa membuka penyebab pesawat rute Bandung-Semarang itu tergelincir. (ase)

Pendiri Lion Group Rusdi Kirana

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Pemilik Lion Group Rusdi Kirana mengungkapkan harapannya setelah Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang pemilu oleh KPU.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024