Stabilkan Harga, Non-OPEC Setuju Produksi Minyak Dipangkas

Ladang minyak
Sumber :

VIVA.co.id – Organisasi Negara Pengekspor Minyak telah membujuk non-anggota untuk mengurangi produksi minyak.  Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi melimpahnya stok minyak dunia yang menyebabkan harga minyak tertekan. 

Harga Minyak Tergelincir Usai Stok Melimpah dan Dolar AS Menguat

Dilansir dari CNBC, Minggu 11 Desember 2016, para pejabat OPEC mengatakan pada Sabtu jika anggota setuju untuk memangkas 558 ribu barel per hari selama enam bulan mulai 1 Januari 2017. Angka tersebut kurang dari 600 ribu barel per hari yang OPEC harapkan.

Menteri Perminyakan Arab Saudi, Khalid Al-Falih, menyebut jika kesepakatan Sabtu "bersejarah" akan menstabilkan pasar melalui tahun depan dan mendorong investasi industri. 

Rupiah Menguat Hari Ini Dipicu Anjloknya Harga Minyak Dunia

Pengumuman itu datang setelah OPEC bertemu dengan Rusia dan negara-negara non-OPEC di Wina pada Sabtu untuk melakukan pembicaraan. Al-Falih mengatakan kesepakatan dimaksudkan untuk mempercepat proses alami rebalancing pasar minyak.

11 Negara non-OPEC yang mengambil bagian dalam perjanjian tersebut adalah Azerbaijan, Bahrain, Brunei, Equatorial Guinea, Kazakhstan, Malaysia, Meksiko, Oman, Rusia, Sudan dan Sudan Selatan.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Sekretaris Jenderal OPEC, Mohammed Barkindo, mengatakan banyak dari pengurangan produksi yang diharapkan datang dari Rusia, yang ikut memimpin pertemuan Sabtu.

Sejumlah negara non-OPEC seperti Meksiko sudah melihat semakin berkurangnya produksi karena permintaan yang lemah. Harga minyak turun dari lebih dari US$90 per barel pada awal 2014 ke level US$40 awal tahun ini.

Pengeboran Minyak Lepas Pantai Pertamina.

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Harga Minyak Dunia Bervariasi dan di Bawah US$80 Per Barel

Harga minyak mentah jenis Brent berjangka naik 17 sen atau 0,2 persen, menjadi ke level US$79,52 per barel, sedangkan harga WTI turun 3 sen menjadi US$74,22 per barelnya.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022