Empat Maskapai Gratiskan Biaya Angkut Bantuan Gempa Aceh

Petugas mengevakuasi jenazah korban gempa Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA.co.id – Empat maskapai penerbangan membebaskan biaya pengiriman bantuan untuk korban bencana gempa Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Tak hanya itu, maskapai-maskapai itu juga menggratiskan tiket pesawat bagi relawan kemanusian yang akan terjun ke lokasi bencana.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

"Ada empat maskapai antara lain, Air Asia, Lion Air, Tri-MG Asia Airlines, dan Sriwijaya Air," kata
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB, Pramuka Raya, Jakarta Timur, Sabtu, 10 Desember 2016.

Sutopo menuturkan, selain bisa memanfaatkan pesawat-pesawat milik empat maskapai itu untuk mengirim bantuan, BNPB juga mengandalkan pesawat mereka dan pesawat Hercules milik TNI.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Menurut Sutopo, korban bencana gempa masih membutuhkan bantuan, baik logistik maupun relawan. Sampai saat ini tercatat sudah ada lebih dari tiga ribu petugas yang tergabung dalam tim SAR gempa.

"Jumlah tim gabungan tersebut di luar dari masyarakat yang membantu, jumlahnya mungkin bisa. Kita terus melakukan pendataan," ucap dia.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Seperti diketahui, Provinsi Aceh diguncang gempa berkekuatan 6,5 skala richter pada Rabu, 7
Desember 2016 sekitar pukul 05.03 WIB. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 15 kilometer, lokasi gempa berada pada 5,19 LU-93,36 BT.

Saat ini, sejumlah lembaga baik dari pemerintah pusat, swasta, maupun organisasi kemanusiaan, tengah bergerak bersama dalam membantu membenahi infrastruktur usai gempa.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023