Sudah 69 Gempa Susulan Guncang Pidie Jaya

SMKN 1 Bandar Baru Rusak Parah Diterjang Gempa Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Tiga gempa darat secara beruntun mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, selama setengah hari ini, Sabtu, 10 Desember 2016. Gempa rata-rata memiliki kekuatan 3 skala richter.

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa rata-rata memiliki kekuatan 3 skala richter. Gempa ini sudah stabil dan cenderung aman.

"Betul ada tiga kali hari ini, semuanya di Kabupaten Pidie Jaya," kata Daryono, Sabtu, 10 Desember 2016.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Sementara itu, berdasarkan pemantauan BMKG, total sudah terjadi 69 kali gempa susulan sejak Rabu 7 Desember hingga Sabtu pagi tadi

"Mulai dari Rabu itu ada 45 gempa susulan, Kamis 14 gempa, Jumat sore ada tujuh gempa serta hari ini Sabtu pagi sebanyak tiga kali gempa susulan," ucapnya.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Meski begitu, Daryono mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir dengan gempa susulan. Sebab, hal itu merupakan proses penyempurnaan pelepasan energi tegangan batuan usai deformasi gempa darat utama yang berkekuatan 6,5 SR.

Untuk itu, Daryono meminta agar masyarakat juga tidak mendengarkan isu-isu yang belum tentu kebenarannya dan bukan berasal dari instansi terkait, terutama soal gempa.

"Masyarakat diimbau agar tenang tidak terpancing isu gempa dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi dari sumber yang berwenang dalam hal ini BMKG atau Badan Penanggulangan Bencana Aceh," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya