Dalam Dua Jam, Dua Kali Gempa Susulan Guncang Pidie Jaya 

Kondisi kerusakan akibat gempa 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Gempa susulan kembali terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Gempa susulan yang cukup terasa tersebut terjadi dalam tempo dua jam sebanyak dua kali, Sabtu, 10 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Pantauan VIVA.co.id, gempa susulan pertama pagi ini terjadi sekitar pukul 6.30 WIB, kemudian gempa susulan kembali terjadi pada pukul 7.30 WIB. Kedua gempa ini terasa cukup kuat, dan tidak seperti gempa yang terjadi pada hari pertama pad Rabu lalu.

Sejak hari pertama, Rabu lalu, gempa susulan terus terjadi. Gempa susulan ini membuat masyarakat Kabupaten Pidie Jaya merasa ketakutan. Meski gempa terbilang kecil, warga tetap berhamburan keluar menghindari bangunan.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

“Kita khawatir rumah-rumah kita runtuh, karena ada rumah yang sudah retak, takutnya gempa sedikit aja langsung roboh, jadi sedikit gempa pun pasti lari keluar kalau lagi berada di rumah,” ujar Nisa, warga Meurah Dua Pidie Jaya, kepada VIVA.co.id

Hingga saat ini, sebagian besar masyarakat Pidie Jaya, masih bertahan di posko-posko pengungsian. Beberapa keluarga bahkan mendirikan tenda seadanya di depan rumah mereka dan bermalam di tenda-tenda tersebut.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Warga khawatir, gempa susulan terjadi pada malam hari di mana saat mereka sedang terlelap tidur. Warga tidak ingin kembali menjadi korban seperti gempa Rabu, 7 Desember lalu di mana sebanyak 96 warga Pidie Jaya dan 4 warga Bireuen meninggal dunia.


 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023