Cara Mengendarai Mobil Matik Agar Irit BBM

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • bosmobil.com

VIVA.co.id – Banyak orang beranggapan, mobil dengan transmisi matik lebih boros bahan bakar dibanding transmisi manual. Padahal, yang menentukan mobil boros BBM atau tidak adalah cara berkendaranya.

6 Mobil Baru Ini Bakal Dijual Rp100 Jutaan, Ada yang Irit BBM

Hal itu diungkapkan Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia, Sugihendi. Ia menjelaskan secara lengkap, bagaimana cara mengemudikan mobil matik agar tetap irit BBM.

"Pada saat mobil melaju, injak pedal gas dengan halus. Istilahnya diurut. Kalau matik yang sudah CVT (continuously variable transmission), sistem akan menyesuaikan kecepatan dan kondisi jalan," ujarnya di Jakarta.

Terpopuler Otomotif: Honda PCX 160 Terbaru Hadir di RI, Mobil Murah dan Irit BBM Terlaris

Ia mengatakan, perpindahan gigi pada transmisi CVT lebih cepat. Untuk mencapai kecepatan 60-70 kilometer per jam, putaran mesin yang dibutuhkan tidak lebih dari 2.000 rotations per minute.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar putaran mesin tidak lebih dari 2.000 RPM. Saat menemui jalanan yang padat, ia menyarankan untuk tidak menginjak pedal gas.

Terpopuler Otomotif: 7 Mobil SUV Bekas di Bawah Rp100 Juta, Daftar Motor Matik Irit BBM

Jadi, pengemudi hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi D (Drive) dan biarkan mobil meluncur. “Saat macet, otomatis BBM akan lebih boros pemakaiannya,” ungkapnya.

Kunci dari irit bahan bakar pada mobil matik, menurutnya, adalah laju yang konstan. Jika pengemudi kerap menginjak pedal gas dan rem berlebihan, maka pemakaian BBM dipastikan lebih banyak.

Suzuki Baleno Hatchback edisi 2022.

Terpopuler: 6 Mobil Baru Harga Rp100 Jutaan, Ada Diskon Besar di IIMS 2024

Berita yang membahas mengenai 6 mobil baru harga Rp100 jutaan dan ada diskon besar di IIMS 2024, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024