Joe Biden akan Calonkan Diri di Pilpres AS 2020

Presiden Barack Obama dan Wapres Joe Biden.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden berencana mencalonkan diri sebagai presiden pada 2020. Padahal, Presiden AS terpilih Donald Trump saja baru akan dilantik pada 20 Januari 2017.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Biden, yang sebelumnya Senator Delaware dari Partai Demokrat, ini pernah mencalonkan diri sebagai 'Gedung Putih Satu' pada 1988 dan 2008, namun gagal.

"Saya akan melamar sebagai Presiden AS tahun 2020," kata pria yang kini berusia 74 tahun, seperti dikutip situs Sputniknews, Selasa, 6 Desember 2016.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Jika benar demikian, maka Biden akan berusia 78 tahun setelah pemilihan presiden pada lima tahun kemudian. Dalam kampanye Presiden AS tahun ini, pria yang sudah malang-melintang di dunia politik selama 36 tahun ini resmi mendukung kandidat Hillary Clinton.

Ia juga secara aktif berkampanye dan mendukung Hillary bersama dengan Presiden Barack Obama. Sebagai diketahui, posisinya sebagai wakil presiden merupakan titik balik bagi Biden yang sebelumnya gencar mengkritik pendahulunya, Dick Cheney.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Cheney dituduhnya telah 'mencabik konstitusi' karena berperan besar dalam menggunakan teknik interogasi kasar untuk tersangka teroris. Namun Cheney tinggal sejarah. Biden sekarang maju mengambil peran.

Wakil Presiden terbuka menjadi orang yang ditentukan oleh pekerjaannya atau oleh bosnya, Presiden. Peran terpenting Biden tentu saja disiapkan menggantikan Barack Obama jika berhalangan menjalankan posisinya.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022