Kapolri Sayangkan Banyak Atribut Partai di Aksi 412

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Aksi 'Kita Indonesia 412' yang berlangsung pada 4 Desember 2016 kemarin mengundang sejumlah kritikan. Selain rusaknya tanaman dan bunga akibat terinjak, atribut partai politik juga bertebaran di lokasi yang juga mengambil momen Car Free Day atau CFD.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

Aksi ini juga menuai keprihatinan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tito mengklaim telah mengingatkan penyelenggara tentang ketentuan CFD.

"Kami sudah sampaikan kepada penyelenggara, ini acara ketentuan CFD sebetulnya untuk kegiatan olahraga, hiburan, kegiatan budaya," kata Tito di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga menyayangkan banyaknya atribut partai akibat aksi itu. Kepolisian akan memanggil penyelenggara untuk diberi teguran.

"Memang disayangkan ada atribut partai. Oleh karena itu, kami panggil panitia supaya atribut partai ditegur. Supaya ke depan CFD tidak dilakukan lagi untuk kegiatan partai," ujar Tito.

Hehamahua Khawatir Ferdinand Cuma Tumbal, Rofi'i: Suudzon

Tito mengakui banyak pihak yang beberapa kali memanfaatkan CFD untuk kegiatan lain. Namun, dia tetap konsisten berpandangan CFD hanya untuk olahraga dan hiburan. "CFD spiritnya untuk berikan area bagi masyarakat di hari minggu untuk olahraga, hiburan," kata Tito.

Sebelumnya, aksi kebhinekaan bertajuk Kita Indonesia diselenggarakan di Bundaran HI, Minggu, 4 Desember 2016. Aksi tersebut sempat diwarnai dengan munculnya atribut partai. Bahkan, usai acara, banyak sampah berserakan dan tanaman yang rusak di kawasan itu. (ase)

Terdakwa kasus penistaan agama M Kace menjalani persidangan pembacaan tuntutan

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman 10 tahun penjara untuk terdakwa M Kece terkait kasus penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022