Gempa 6,1 SR Terjadi di Laut Flores

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat guncangan gempa berkekuatan 6,1 skala richter terjadi di Laut Flores Nusa Tenggara Timur, Senin, 5 Desember 2016.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Gempa bumi ini tergolong dalam intensitas kuat dan terjadi pada jarak 193 kilometer arah Timur Laut Kota Maumere dengan kedalaman 517 kilometer. Karena itu, gempa tersebut bisa dirasakan dalam wilayah yang sangat luas di NTT.

"Meski gempa bumi termasuk klasifikasi kuat. Tetapi patut disyukuri ini merupakan gempa bumi hiposenter dalam, yang tidak berpotensi merusak dan tsunami," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Data BMKG, gempa ini awalnya tercatat 6,4 SR. Namun setelah pemutakhiran data, gempa ini memiliki kekuatan 6,1 SR dan bisa dirasakan di wilayah Wetar, Alor, Lomblen, Maumere, Ende dan Sikka. "Banyak warga terkejut akibat guncangan gempa. Tapi hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan," kata Daryono.

Menurut Daryono, dengan kejadian gempa dalam di Laut Flores tersebut menjadi penanda bahwa proses subduksi lempeng dalam di Utara NTT hingga kini masih berlangsung. "Masyarakat pesisir wilayah NTT diimbau tetap tenang. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.

Gempa Bumi Kembali Landa Jepang, Kali Ini Tidak Ada Peringatan Tsunami
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

BMKG mengungkap adanya 12 fakta mengenai gempa yang terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat, yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 6,5.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024