Djarot Tak Khawatir Eks Kader PDIP Membelot

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Ade Alfath

VIVA.co.id - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, merespons sikap eks kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membelot mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada tahun 2017.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Pimpinan PDIP, katanya, tak mempersoalkan para mantan kader itu karena mereka telah diberhentikan jika tak mematuhi aturan partai.

"Enggak apa-apa. Kalau seperti itu, otomatis dicoret, dan dia bukan anggota PDIP, selesai. Itu juga cuma berapa orang, satu-dua orang, kan. Enggak masalah, biarin saja," katanya di Jakarta Barat pada Minggu, 4 Desember 2016.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat PDIP itu memastikan tindakan eks kader yang mendukung pasangan calon lainnya tak akan memengaruhi kesolidan Partai di Jakarta Barat untuk menggalang dukungan bagi pasangan Ahok-Djarot.

"Enggak, sama sekali enggak. Malah tambah semangat, karena kalau ada satu atau dua orang kecewa, ya, enggak apa-apa," ujarnya.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Sejumlah mantan kader dan simpatisan PDIP Jakarta Barat berubah haluan dengan mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Mantan Bendahara Dewan Pimpinan Cabang PDIP Jakarta Barat, M Sakrad, mengungkapkan beberapa alasannya beserta kader dan simpatisan tak lagi mendukung Ahok-Djarot. Pertama, mekanisme penunjukan Ahok tidak sesuai mekanisme Partai; rekomendasi enam DPC maupun mendaftar.

"Katanya, aspirasi dari bawah, ternyata 'digusur', ternyata tetap mendukung Mister bro Ahok," kata Sakrad, yang juga inisiator kegiatan Deklarasi Dukungan Kader PDIP Anies-Sandi, dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu, 3 November 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya