Bekasi Mulai Bertransformasi Jadi Kota Pintar

Ivan Permana, Vice President Technology and System Telkomsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id – Bekasi tengah mengubah wujudnya menjadi smart city atau kota pintar seperti yang dilakukan beberapa kota lainnya di Indonesia. Dengan mengusung smart city, Bekasi akan mengatasi permasalahan kota dengan memanfaatkan teknologi.

Membangun IKN jadi 'Smart City'

Untuk itu, Pemerintah Kota Bekasi bekerja sama dengan Telkomsel dan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan konsep smart city Bekasi. Mereka telah melakukan proses kajian, pengembangan, dan implementasi kota pintar dalam bentuk platform Smart City, patriot operation center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirim oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem yang terintegrasi. Sementara Patriot Operation Center merupakan ruang kontrol bagi pemerintah kota dalam memantau dan mendapatkan informasi tertintegrasi seputar kota Bekasi secara real time.

Intip Paket Investasi Smart City di IKN yang Ditawarkan ke Pengusaha China hingga AS

Instalasi software dan hardware dilakukan dalam bentuk pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran sungai, CCTV, GPS tracking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS) ke semua perangkat yang terintegrasi dengan Patriot Operation Center.

Sedangkan aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi yang memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi tentang kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi, di mana laporan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti dan disolusikan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Menata Kota Jadi 'Smart City'

“Platform Smart City dibangun untuk membentuk suatu sistem terintegrasi yang dapat menciptakan interaksi yang cepat dan tepat sasaran antara pemerintah sebagai penentu kebijakan. Dan masyarakat sebagai komunitas yang perlu mendapatkan pelayanan dan kualitas hidup yang baik,” kata Vice President Technology & System Telkomsel, Ivan C. Permana dalam rilisnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 4 Desember 2016.

Bekasi menjadi kota kedua diimplementasikannya platform Smart City oleh Telkomsel dan LAPI ITB. Tahun lalu, platform serupa juga telah diterapkan di Bogor, Jawa Barat. Ke depannya platform Smart City juga akan diterapkan di berbagai kota di Indonesia.

IKN Nusantara.

Perusahaan Teknologi Jepang Siap Bantu IKN Jadi 'Smart City'

Kota pintar (smart city) akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di IKN, sehingga akan melahirkan sumber daya manusia atau SDM unggul.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024