Cari Ban Pengganti untuk Calya-Sigra? Ini Pilihannya

Toyota Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car di Tanah Air terus menjadi buah bibir. Bagaimana tidak, mobil LCGC mampu menyedot perhatian masyarakat dengan harga murah dan penampilan yang elegan.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Sayangnya, sempat beredar kabar miring mengenai produk LCGC Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Beberapa konsumen mengeluhkan kualitas ban yang kurang baik, sehingga mudah sobek saat bergesekan dengan trotoar.

Kasus ini telah mendapat tanggapan dari Toyota, Daihatsu dan juga Bridgestone, produsen ban yang dipercaya dua merek asal Jepang itu untuk memasok ban Calya dan Sigra.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Menurut mereka, belum ditemukan fakta bahwa kualitas ban menjadi pemicu kerusakan itu. Penyebabnya lebih kepada penggunaan yang kurang tepat.

Namun, jika masih merasa ragu dengan kemampuan ban standar Calya dan Sigra, maka Anda bisa memilih beberapa ban lain dengan ukuran yang sama.

3 Tanda Ban Mobil Bocor Halus

Pemilik Jayaban Autofashion Kemayoran, Yohanes Hanifa mengungkapkan, pemilik bisa mengganti ban Calya-Sigra bawaan pabrikan dengan ban lain dari berbagai merek.

"Contohnya GT Radial Champiro Eco, harganya Rp450 ribu. Sudah termasuk ongkos pasang, balancing dan nitrogen," kata Yohanes kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Senin 28 November 2016.

Selain GT Radial, ia juga menyediakan Achilles Platinum dengan ukuran 175/65 R14, yang dibanderol Rp400 ribu.

Senada dengan Toyota, Daihatsu dan Bridgestone, Yohannes menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk lebih bijak menggunakan mobilnya. Sebab, ban akan lebih cepat rusak bila penggunaannya tidak benar.

"Ban sobek itu tergantung sama pemakaiannya, kasar apa enggak. Mobil jangan dipaksa menghajar trotoar atau pembatas jalan. Ban sudah pasti aman, kalau dijaga dengan baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya