Kamis, 23 Oktober 2014
08:29 WIB
Es Krim Sehat Ala Mahasiswa UI
Ia mampu mengolah ubi ungu, alpukat, stroberi, dan buah-buahan lain menjadi es krim.
Anak makan es krim
Hadi Suprapto, Anda Nurlaila | Senin, 24 Agustus 2009, 06:55 WIB

VIVAnews - SEBENARNYA latar belakang pendidikan Irfian, jauh dari usaha yang tengah ia geluti. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 2007 ini berniat mengembangkan bisnis es krim sehat dan murah. 

Itu pula yang membuat belia 20 tahun itu menjadi Best Innovation pada Young and Best Entrepreneur UI, yang diberikan beberapa waktu lalu.

Irfian memperoleh idenya dari es krim yang ada di pasaran berbahan baku kimia. Bagi vegetarian murni yang tidak mengasup susu, akan sulit menikmati es krim. 

"Kalaupun ada, harganya mahal. Ini yang membuat saya melihat es krim dari bahan alami sangat berprospek," katanya kepada VIVAnews setelah penyerahan dana hibah.

Setelah mencari-cari, Irfian akhirnya menemukan resep es krim nikmat dari berbagai bahan nabati. Ia mampu mengolah ubi ungu, alpukat, stroberi, dan buah-buahan lain menjadi es krim. 

Pembuatan es krim menggunakan bahan-bahan alami. "Warna-warna es krim murni dari warna umbi dan buah-buahan," kata mahasiswa yang akrab disapa Fian ini.

Selain bantuan sebesar Rp 8 juta, dari modal total Rp 14,5 juta, Irfian akan memakai tabungan dan pinjaman. 

Rencananya, dalam dua bulan Irfian akan membuka dua outlet pertamanya di sekitar kampus. Mahasiswa yang akan memasuki semester lima ini mengaku sudah mendapat tempat yang ramai dikunjungi orang.

Dari hasil hitung-hitungannya, setidaknya, dari satu outlet penjualan tiap hari mencapai 100 cup. Dalam tiga bulan ia mampu mencapai titik impas usaha.

Ada lagi, harga es krim yang ia beri nama Vegie Ice Cream ini sengaja dibuat dengan harga terjangkau. Satu cup Vegie Ice Cream akan dijual kurang dari Rp 5.000.  

Irfian berencana menjadikan usaha es krim miliknya dengan sistem franchise. "Saya ingin semua orang bisa menikmati es krim yang sehat dan tetap terjangkau," katanya berpromosi. hadi.suprapto@vivanews.com

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya