Anies: Pendidikan di Pulau Seribu Lebih Rendah dari Merauke

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomur urut tiga Anies Baswedan - Sandiaga Uno, menghadiri perayaan hari jadi Kabupaten Kepulauan Seribu di Posko Pemenangan Anies - Sandi, Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Rabu, 9 November 2016.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Dari sejumlah janji yang ditawarkan, pasangan itu berencana akan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat khususnya di bidang parawisata.

Keduanya menganggap, belum digarapnya secara maksimal potensi parawasita di Kepulauan Seribu, dapat dilihat dari jumlah transportasi laut yang belum terintegrasi dengan transportasi darat sebagai penghubung ke sejumlah pulau.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

“Kami juga akan mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi laut dengan TransJakarta,” kata Sandi di Posko Pemenangan, Rabu 9 November 2016.

Sementara itu di bidang pendidikan, pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera tersebut, akan fokus pada bidang pendidikan khususnya di sekolah kejuruan.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Dari 23 janji kerja yang mereka wacanakan, menurutnya sektor pendidikan di Kepulauan Seribu masih tergolong lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota di wilayah Timur Indonesia. Di antaranya, Merauke, Nabire dan Mimika.

"Di bidang pendidikan, angka partisipasi murni (APM) untuk SMA sederajat di Kepulauan Seribu hanya 34,99 persen, yang artinya dari tiga anak usia SMA/Kejuruan hanya satu anak yang bersekolah hingga tamat," kata Anies menambahkan.

"Untuk tahap awal, membenahi sektor pendidikan di Kepulauan Seribu, Anies-Sandi akan mendirikan SMK Pariwisata dan SMK Kelautan unggulan guna menyiapkan tenaga kerja pendukung aktivitas ekonomi," ujar Anies menambahkan.

Pasangan itu juga menilai, pendekatan yang digunakan pemerintah di Kepulauan Seribu, hanya dilihat sebagai bagian dari Jakarta.

Dengan begitu, aktivitas ekonomi rakyat yang banyak bergantung pada sektor parawisata tidak lagi tergantung pada aktivitas ekonomi di daratan.

"Semestinya, Kepulauan Seribu dibangun sebagai pusat kemajuan baru Jakarta. Berbasis pendekatan atau paradigma baru," ujar Anies

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya