Massa Beratribut HMI Picu Kericuhan Dikecam Netizen

Ilustrasi/Massa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam ketika terlibat kerusuhan dalam demonstrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kericuhan pecah dalam aksi demo massal soal penodaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Jumat malam, 4 November 2016.

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

Penyebab kericuhan diawal oleh munculnya massa yang menggunakan atribut berlambang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tiba-tiba menyerang polisi.

Diduga sekelompok pendemo beratribut HMI ini kecewa usai mendengar pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait tindakan prses hukum terhadap Ahok.

Saksi Parpol Dibogem Oknum Brimob saat Rekapituasi Suara Pemilu di Pamekasan

Meski begitu, motif ini masih simpang siur. Saat ini sejumlah mobil dilaporkan dibakar, sejumlah anggota Front Pembela Islam (FPI) bahkan disebutkan terlibat bentrok dengan massa HMI yang membuat kericuhan.

Kepolisian yang menjaga keamanan pun terpaksa menertibkan. Ditambah dengan ulah massa HMI yang memancing dengan melempari polisi dengan batu dan air mineral.

Ricuh Pleno di Yalimo Papua, Wakapolres-Kasat Lantas Diserang Batu dan Panah

Di linimassa Twitter, ulah massa HMI yang disebut sebagai pemicu kerusuhan di akhir demo damai ormas Islam terhadap Ahok itu langsung menuai kecaman keras netizen.

Sejumlah cuitan netizen pun bermunculan menyerang HMI yang dianggap sebagai biang tak bertanggungjawab atas aksi demo yang seharusnya berlangsung damai pada Jumat, 4 November 2016. Berikut sejumlah cuitan netizen terkait HMI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya