Burung ini Bisa Terbang Nonstop Selama 10 Bulan

Burung layang-layang
Sumber :
  • Flickr/Stefan Berndtsson

VIVA.co.id – Para peneliti dari Lund University di Swedia menyatakan burung swift, atau lebih dikenal dengan burung layang-layang, mampu terbang tanpa mendarat dalam waktu sepuluh bulan. 

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

Salah seorang dari tim peneliti, Susanne Akesson menyatakan, setiap tahun burung swift akan menghabiskan waktu sepuluh bulan tanpa mendarat. Dengan kemampuan itu, peneliti tak ragu burung tersebut terbukti menjadi 'mesin' terbang yang paling kuat di dunia.

Dikutip dari Tech Times, Jumat 28 Oktober 2016, ilmuwan universitas di Swedia tersebut telah meneliti sejak 2013 hingga 2014. Sebanyak 19 burung swift mereka pasangi alat untuk mendeteksi keberadaan belasan burung swift itu. Setelah beberapa bulan kemudian, para ilmuwan kembali menemukan burung-burung tersebut. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Menurut Akesson dan rekan-rekannya, burung swift kemungkinan istirahat terbang, hanya untuk menghindari cuaca yang buruk. 

Penerbangan tampaknya mereka lakukan tanpa henti. Peneliti menyebutkan burung ini tidak selalu perlu untuk berhenti sejenak tidur. Para peneliti mengatakan, tidak ada yang tahu persis kapan burung swift memilih untuk tidur dan untuk berapa lama.

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

"Mereka makan di udara, mereka kawin di udara, mereka mendapatkan bahan sarang di udara. Mereka bisa saja mendarat di sarang, cabang (pohon)  atau rumah. Tapi mereka tidak bisa benar-benar mendarat di tanah," jelas Akesson.

(ren)

2 Oktober, Masyarakat Indonesia Peringati Hari Batik Nasional

Peringati Hari Batik Nasional, Ini 5 Jenis Motif Batik

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya dan mendalam. Setiap motif batik memiliki makna dan keunikan tersendiri,

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023