Kembangkan UMKM, Kadin Kerja Sama dengan Jepang

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berupaya mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional dengan mengadakan kerja sama dengan lima organisasi Jepang. Yakni, Japan External Trade Organization (JETRO), Japan International Cooperation Agency (JICA), Small and Medium Regional Japan (SMRJ), Small and Medium Enterprises Japan (SMEJ), dan Jakarta Japan Club (JJC).

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

Kerja sama kedua negara ini bernama Business Matching Support Desk (IJ-BMSD), yaitu desk khusus yang mempertemukan UMKM kedua negara. Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani mengatakan, kerja sama ini untuk meningkatkan perdagangan dan nilai investasi Jepang di Indonesia.

Kadin dan organisasi Jepang ini akan membangun sebuah platform bersama untuk menampung UMKM dari kedua negara. Database kedua negara akan dihimpun dalam dua portal yang dikelola Jepang, yaitu Trade Tie up Promotion Program (TTPP) yang dikelola JETRO, dan Japan Good Technology-Monozukuri yang dikelola SMRJ.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Kualitas informasi kita perlu diperbarui. Kalau mereka (Jepang) sudah lebih komprehensif. Kita (Kadin) mau mendata ulang UMKM kita, sehingga informasinya sama antara UMKM kita dan mereka," ujar Rosan di Menara Kadin, Jakarta pada Rabu, 26 Oktober 2016.

Kedua belah pihak juga akan mengirimkan dua delegasi ke masing-masing negara untuk memantau perkembangan kerja sama. "Ada juga pertemuan face to face beberapa bulan sekali antara UMKM mereka dan UMKM kita," ujarnya.

Pelaku UMKM Beri Hadiah Kalung untuk Istri Sandiaga Nur Asia

Kerja sama ini diproyeksikan akan mempertemukan 2.000 hingga 10 ribu UMKM hingga 2020. Sementara, UMKM yang sudah terdata Kadin ada 16 ribu.

Contoh Ilustrasi Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sumber : Dokumentasi pribadi

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Peran pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam membangun sektor perekonomian di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2022