24-10-1945: PBB Resmi Berdiri

Suasana saat pelaksanaan Sidang Dewan Keamanan PBB.
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVA.co.id – Hari ini 71 tahun silam. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi berdiri setelah 29 negara anggota meratifikasi Piagam PBB di Washington, Amerika Serikat.

Di Sidang PBB, RI Minta agar Perdamaian Segera Dikembalikan di Ukraina

Sebelumnya, pada 26 Juni 1945, 50 negara menandatangani Piagam PBB di San Fransisco pada Konferensi Organisasi Internasional PBB.

Mengutip situs History, PBB awalnya didirikan untuk mencegah terjadinya perang di masa depan serta menjaga perdamaian dan keamanan dunia.

Senin, PBB Akan Adakan Sesi Khusus Darurat Bahas Perang di Ukraina

Nama Perserikatan Bangsa-Bangsa sendiri digagas oleh Presiden AS Franklin Delano Roosevelt dan mulai digunakan pada 1 Januari 1942 dalam Deklarasi PBB.

Saat itu, 26 negara sekutu sepakat untuk bersatu melawan negara-negara Poros Tengah. PBB terdiri dari enam badan yaitu Sidang Umum, Dewan Keamanan, Dewan Sosial dan Ekonomi, Dewan Perwalian, Mahkamah Internasional, dan Sekretariat.

Jadi Ketua G20, RI Diminta Berperan Setop Invasi Rusia di Ukraina

Sidang Umum pertama PBB berlangsung pada Januari 1946, yang dihadiri 51 negara, dengan markas terletak di Manhattan, New York, dan memiliki hak ekstrateritorialitas.

Saat ini, PBB beranggotakan 192 negara. Hanya Vatikan dan Taiwan yang sejauh ini belum terdaftar sebagai anggota PBB.

Ketika Perang Dunia II berakhir, maka negosiasi dan menjaga perdamaian tertumpu pada lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Kelimanya adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Uni Soviet (Rusia), serta China, dan mereka semua memiliki hak veto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya