Jokowi Ajak Seluruh Santri Tiru Semangat KH Hasyim Ashari

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk kembali menggelorakan semangat juang mengusir penjajah yang pernah digalakkan oleh KH Hasyim Ashari, 71 tahun lalu.

UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

"Malam ini saya mengajak untuk menemukan kembali api semangat yang berkobar 71 tahun lalu, ketika KH Hasyim Ashari mengeluarkan resolusi jihad untuk para santrinya melawan penjajah. Api jihad tersebut tak boleh padam, harus terus hidup di jiwa santri untuk melewati tantangan zaman menghadapi kebodohan, menghadapi ketimpangan sosial," kata Jokowi, dalam sambutannya saat membuka Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Sabtu, 22 Oktober 2016.

Tak lupa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memberikan ucapan selamat kepada santri dan ulama di seluruh Indonesia yang berjumlah empat juta santri dan tersebar di 28 ribu pesantren karena tengah merayakan hari santri pertama saat ini.

Selepet Anies Pakai Sarung Sampai Kesakitan, Cak Imin: Mumpung Belum jadi Presiden

"Selamat merayakan hari santri yang pertama. Karena saya melihat hampir di seluruh daerah, di ponpes, semua santri merayakan hari santri pada hari ini," ucap dia.

Perlu diketahui hari ini, Sabtu 22 Oktober 2016, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten. Agenda pertamanya adalah menghadiri Muktamar Al Khairiyah ke IX di Kota Cilegon. Lalu membuka Pospenas 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. Pospenas akan berlangsung pada 22-28 Oktober 2016.

Momen Hangat Presiden Jokowi Sapa Para Menterinya di Hari Santri: Saya Kira Menag Komandan Kopassus
15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina Serukan Perlindungan

Sebanyak 15 ribu santri menggelar kirab yang diadakan terpusat di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Minggu, 12 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2023