KPUD Jakarta akan Bangun TPS di Lokasi Penggusuran

Ketua KPU DKI Jakarta, Soemarno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.

VIVA.co.id – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta kembali menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan pilkada Jakarta. Itu dibuktikan dengan rencana mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lokasi penggusuran. Tak dipungkiri jika saat ini masih banyak warga yang bertahan di sekitar tempat penggusuran.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

"Kami akan mendirikan TPS di dekat lokasi itu. Harapannya, mereka yang berada di lokasi itu menggunakan hak pilihnya di situ," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Soemarno, di Kantor KPU DKI Jakarta, Jumat 21 Oktober 2016.

Nantinya TPS yang akan didirikan di lokasi penggusuran dapat digunakan juga oleh warga yang digusur tapi tidak diketahui keberadaannya. Karena yang bersangkutan tidak pindah ke rumah susun ataupun tinggal di sekitar lokasi penggusuran.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Mereka yang sudah pindah ke tempat lain tetapi tidak menginformasikan kepindahannya, nanti pada hari pemungutan suara bisa datang ke TPS di mana selama ini mereka tinggal," katanya.

Untuk warga yang sudah direlokasi ke rumah susun (rusun), KPU DKI Jakarta, kata dia, juga akan memindahkan data pemilih sesuai dengan alamat rusun yang mereka huni. Misalnya, contoh Sumarno, data pemilih warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, yang digusur dan direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, akan dipindahkan ke TPS yang ada di sekitar rusun.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Jadi, nanti kita akan masukkan ke dalam TPS yang didirikan di Rusun Rawa Bebek di sana dan tentu saja nama mereka di wilayah Jakarta Selatan dicoret," katanya.

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

KPU DKI menjelaskan tahapan Pilkada Jakarta 2024 sudah dimulai sejak Januari 2024. Pendaftaran dibuka 27-29 Agustus 2024

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024