Perlukah Mengurangi Saus Tiram?

Tanya:
Keluarga kami seringkali membuat masakan dengan menambahkan saus tiram. Memang rasa masakannya jadi lebih enak. Yang ingin saya tanya, apakah terlau banyak mengonsumsi masakan saus tiram bisa membahayakan kesehatan? Adakah pengganti saus tiram yang lebih alami, dan tetap bikin masakan enak?

Ina Damayanti

Jawab:

Saus tiram memang memperkaya rasa masakan. Hampir semua tumisan cocok ditambahkan saus tiram, sehingga lebih menonjolkan rasa masakan Asia-nya. Sebanyak apa batas konsumsi saus tiram? Tidak ada yang bisa menjawabnya, kecuali kita sendiri tentunya.

Bila Anda penyuka makanan sehat dan mengurangi penggunaan MSG (monosodium glutamate) serta pengawet makanan, memang sebaiknya konsumsi saus tiram dibatasi. Karena saus tiram selain terbuat dari ekstrak tiram, juga mengandung MSG, garam, air, gula, pewarna karamel, bahan emulsi, pengawet makanan dalam bentuk kalium sorbat, xanthan gum, dan hidrolisit protein nabati.

Sampai saat ini kami belum bisa membuat pengganti saus tiram yang alami. Namun Anda bisa mengganti saus tiram denganĀ  bahan yang lebih alami seperti ebi (udang kering).
Setelah diseduh air panas sampai mengembang, ebi kemudian dihaluskan. Campurkan ebi ke dalam tumisan, maka Anda tidak perlu lagi menambahkan saus tiram atau penyedap. Ebi hanya diawetkan dengan pengawet alami, yaitu garam.

Serahkan Alat Bukti Tambahan, KPU Yakin Permohonan Anies dan Ganjar Ditolak MK

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia kuliner dan masak memasak, silakan mengirimkan pertanyaan ke email redaksi VIVAnews ke "konsultasi.fiesta et vivanews dot com". Pihak VIVAnews akan memilih satu pertanyaan terbaik setiap minggu. Bagi pengirim pertanyaan terbaik akan mendapatkan bingkisan menarik dari Demedia dan VIVAnews.

SELAMAT! Pemenang minggu ini: Ina Damayanti (pemenang akan dihubungi pihak VIVAnews lewat email atau telepon untuk pengiriman hadiah)

PPP Masih Gamang Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Koalisi Parpol Pemerintah



logo Demedia

Gaya Ridwan Kamil mejeng dengan motor jadul

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Ridwan Kamil telah ditugaskan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, untuk maju ke Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur. Menarik, intip koleksi kendaraannya

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024