Tax Amnesty Periode I Diklaim Berhasil, Istana Menepuk Dada

Presiden Jokowi saat Sosialisasi Tax Amnesty.
Sumber :

VIVA.co.id – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyebut program pengampunan pajak atau tax amnesty pada periode pertama telah berlangsung dengan sukses. Hal tersebut terlihat dengan membeludaknya peserta jelang penutupan periode pertama pada hari Jumat, 30 September 2016.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Menurut Pramono, keberhasilan pelaksanaan program ini tak terlepas dari peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak segan ikut terlibat secara langsung.

"Baik sosialisasi maupun ke lapangan dan sebagainya, sehingga ini menimbulkan kepercayaan dalam masyarakat," kata Pramono di Kantor Presiden, Jakarta.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Selain itu, Pramono juga menyebut bahwa keberhasilan program ini tak lain karena peran Menteri Keuangan yang baru, Sri Mulyani, hingga para pegawai pajak yang terlibat. Ramainya peminat tax amnesty disebutkan menjadi bukti mulai pulihnya kepercayaan dunia usaha.

"Menimbulkan adanya trust, kepercayaan dari dunia usaha dan juga para wajib pajak, sehingga mereka yang belum wajib pajak menjadi wajib pajak baru. Kemudian mereka yang sudah menyimpan hartanya di luar negeri maupun dalam negeri pada saat ini, dideklarasikan," ujar Pramono.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Terkait pelaksanaan periode kedua tax amnesty yang rencananya akan dimulai sejak Oktober 2016, Pramono menyebut pemerintah terus optimistis. Hal tersebut berkaca pada periode pertama yang jumlahnya ternyata melebihi ekspektasi pemerintah.

"Kalau tahap kedua dengan pengalaman yang ada pasti kami meyakini akan lebih baik. Hanya memang di tahap kedua ada kenaikan persennya," kata Pramono. (ase)

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024