Ahok Ungkap Alasan Petinggi Demokrat Mendukungnya

Hayono Isman dukung Ahok-Djarot.
Sumber :
  • chandra/VIVA

VIVA.co.id – Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, politikus dari Partai Demokrat Hayono Isman dan Ruhut Sitompul adalah teman dekatnya.

Gerindra Sindir Komisaris Rasa Dirut, Ruhut: Lawan Politik Ahok Stres

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, hal itu menjadi penyebab kedua petinggi di partai itu mendukung dirinya dan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Padahal, Partai Demokrat bersama tiga partai politik lain, PPP, PKB, dan PAN, mengusung pasangan calon, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Ruhut Sitompul, Si Kutu Loncat yang Bangga Jadi Kader PDIP

"Yang pasti, Bang Ruhut dan Pak Hayono itu teman baik," ujar Ahok, usai acara peresmian Pasar Nangka Bungur di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 29 September 2016.

Ahok enggan mengomentari permintaan Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) supaya Ruhut dan Hayono mundur. Ahok menegaskan, dukungan yang diberikan Ruhut dan Hayono karena kedekatannya dengan mereka.  "Itu kan pribadi," ujar Ahok.

Pakai Seragam PDIP, Ruhut Sitompul: Saya Pasti Lebih Total

Ruhut merupakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Partai Demokrat. Sementara Hayono merupakan anggota Dewan Pembina.

Ruhut berkali-kali menunjukkan sikap mendukung Ahok kepada media, jauh sebelum rangkaian tahapan Pilkada DKI 2017 dimulai. Sementara Hayono mengumumkan sikapnya pada Sabtu, 24 September, sehari setelah Demokrat dan tiga partai resmi mengumumkan mengusung Agus-Sylvi.

Mantan politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul saat ditemui di Depok, Jawa Barat, pada Rabu, 3 Oktober 2018.

Ruhut Sitompul Gantikan Mahfud MD Jadi Anggota BPIP, Cek Faktanya

Benarkah Ruhut Sitompul gantikan Mahfud MD jadi anggota BPIP?

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2020