BlackBerry dan Tiphone Bikin Smartphone Android di Indonesia

Logo BlackBerry
Sumber :
  • blackberry-fr.com

VIVA.co.id – BlackBerry mengumumkan kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Indonesia, Tiphone dengan membentuk usaha patungan (joint venture) bernama PT. BB Merah Putih. Perjanjian usaha patungan ini untuk memperkuat momentum berkelanjutan dalam strategi lisensi perangkat lunak (software) untuk bisnis.

Bos Apple Sudah Menduga BlackBerry Bakal Merana

BB Merah Putih yang dipimpin oleh Tiphone ini dipercaya untuk memegang lisensi software dan layanan BlackBerry, yang nantinya akan melahirkan handset untuk pasar Indonesia.

Kerja sama ini juga mempercepat fokus BlackBerry secara keseluruhan dalam mendorong perkembangan perangkat lunak, terutama dalam mengembangkan dan memberikan lisensi software perangkat, melalui divisi bisnis Mobility Solutions.

Babak Baru BlackBerry

Dari keterangan tertulisnya, Kamis 29 September 2016, BB Merah Putih akan membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan perangkat bermerek BlackBerry yang menggunakan software dan aplikasi Android BlackBerry yang aman. Dengan demikian, akses penuh yang diterima BB Merah Putih dan pengalaman BlackBerry, termasuk soal software, bisa memberi jalan untuk memproduksi perangkat Android yang aman dan terpercaya.

Usaha patungan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pengembangan, memproduksi, dan pembuatan barang menggunakan sumber lokal, serta meningkatkan jumlah smartphone kategori LTE dengan nilai tambah di pasar gawai Tanah Air.

Ditanya Soal BBM 100 Persen Indonesia, Blackberry Bungkam

Berafiliasi Telkom

Chief Executive Officer (CEO) Tiphone, Tan Lie Pin, mengatakan BlackBerry adalah merek yang dipercaya dan dihormati di Indonesia. Menurutnya, kemitraan ini memungkinkan perusahaannya berbagi pengalaman seluler yang diharapkan konsumen, tentunya dengan memperhatikan aspek keamanan yang telah disediakan oleh BlackBerry

"Memanfaatkan software Android BlackBerry yang aman akan menjadi kesempatan yang sangat berarti bagi kami. Dan, kami berharap untuk bisa menghasilkan perangkat inovatif dan berkualitas tinggi bagi para pelanggan kita di Indonesia," ucapnya.

Untuk diketahui, Tiphone merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan Telkom, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Dengan adanya usaha patungan ini dan afiliasinya, secara total diklaim memiliki hampir setengah dari pasar mobile di Indonesia.

Sementara itu, Divisi BlackBerry Mobility Solutions mengelola bisnis smartphone BlackBerry dan pengembangan software untuk perangkat, termasuk memaksimalkan fitur terbaik dari software BlackBerry 10. Divisi ini juga membuat software tersebut dapat diakses pada platform lain, termasuk Android.

Kemitraan terbaru ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan BlackBerry untuk mendorong pertumbuhan solusi mobilitas yang aman dan terpercaya pada semua platform dan perangkat. Dengan bekerja bersama pihak ketiga seperti BB Merah Putih, BlackBerry dapat memajukan pengenalan merek perusahaan, menjanjikan keamanan tingkat regional dan pengguna di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya