Bangun Bandara, AP 1 Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun

Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta
Sumber :

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura 1 berencana menerbitkan obligasi, atau surat utang senilai Rp3 triliun pada pertengahan Oktober 2016. Surat utang tersebut, terdiri atas obligasi senilai Rp2,5 triliun dan obligasi syariah (sukuk) senilai Rp500 miliar. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Penerbitan obligasi tersebut, terkait rencana AP 1 untuk untuk membangun dan memperluas sejumlah bandara yang berada di bawahnya. 

"Kami butuh dana untuk membangun bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta, dan memperluas empat bandara di Banjarmasin, Surabaya, Ujung Pandang dan Semarang," kata Corporate Secretary AP I, Israwadi, di Jakarta, Rabu 28 September 2016. 

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Ia menambahkan, total kebutuhan pendanaan untuk ekspansi hingga 2020 mencapai Rp25 triliun. "Untuk mendapatkan pendanaan itu, kami akan menerbitkan obligasi Rp14,5 triliun, ditambah dengan pinjaman sindikasi senilai Rp10,5 triliun," ujarnya. 

Rencananya, obligasi ini akan dilepas dalam tiga tahap. Adapun pinjaman sindikasi menurut Israwadi, berasal dari sejumlah lembaga Badan Usaha Milik Negara dan bank swasta.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Saat ini, Angkasa Pura 1 mengelola 13 bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia, yaitu, Bandara Ngurah Rai (Denpasar), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Hasanuddin (Makassar), Bandara Sepinggan (Balikpapan), Bandara Frans Kaisiepo (Biak), Bandara Sam Ratulangi (Manado), Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin). 

Kemudian, Bandara Ahmad Yani (Semarang), Bandara Adisutjipto (Yogyakarta), Bandara Adisumarmo (Solo), Bandara Internasional Lombok (Lombok Tengah), Bandara Pattimura (Ambon), dan Bandara El Tari (Kupang).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya