Pelajar SD di Lampung Utara Belajar di Kebun Sawit

Ilustrasi/Pelajar SD di daerah pedalaman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Harry Siswoyo

VIVA.co.id – Puluhan pelajar sekolah dasar (SD) di Kecamatan Abungtengah Kabupaten Lampung Utara terpaksa menggelar kegiatan belajar mengajar di tengah areal perkebunan sawit. Ini dikarenakan bangunan SD Negeri Pekurun Selatan sedang dalam tahap perbaikan.

Bentrok Warga dan Aparat di Perkebunan Sawit, 1 Tewas, Kapolda: Kami Tidak Gunakan Peluru Tajam

“Ini sudah persetujuan bersama supaya kegiatan belajar mengajar tetap berjalan walau gedung sedang direhabilitasi,” kata Kepala SDN Pekurun Selatan Darneli, Selasa, 27 September 2016.

Menurut Darneli, kesepakatan agar memindahkan ruang belajar di areal perkebunan sawit tersebut memang disepakati oleh komite dan wali murid. Penyelenggaraan itu bersifat sementara sembari menunggu proses perbaikan rampung.

Ricuh Aksi Demo Karyawan Perkebunan Sawit, Kapolda Kalbar Janji Carikan Solusi

Sementara itu, Camat Abungtengah Mulyadi mengaku tidak mempermasalahkan adanya pelajar yang belajar di areal kebun sawit tersebut. Hanya saja ia berharap, pihak sekolah tetap mempertimbangkan faktor keselamatan siswa.

"Kami minta kepala sekolah mendirikan tenda demi keselamatan siswa, khawatir digigit ular atau terkena duri pohon sawit," kata Mulyadi.

Massa Pekerja Sawit di Bengkayang Bentrok dengan Aparat, Mobil Polisi Dirusak

Pendapat berbeda disampaikan Kepala Desa Pekurun Selatan M Tayib. Ia justru menyayangkan keputusan sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di kebun sawit. Menurutnya hal itu bisa membahayakan para siswa. "Kepala sekolah tidak mengindahkan keselamatan murid,” ujarnya.

Ilustrasi penerima bansos PKH

Indef Kritik Kebijakan Bansos: Anggaran Naik Terus, Kemiskinan Cuma Turun 2,3 Persen Sejak 2010

Direktur Eksekutif Indef, Esther Sri Astuti mengatakan, penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah tidak efektif dalam hal mengurangi kemiskinan di masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024