Penggusuran Rawajati Ricuh, Jalan Sekitar Ditutup

Khawatir digusur, Warga Rawajati gelar aksi tabur bunga di TMP Kalibata
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan pembongkaran terhadap puluhan bangunan pemukiman warga di RT 09 RW 04, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis pagi 1 September 2016. Untuk kelancaran pembongkaran, arus lalu lintas di Jalan Raya Kalibata yang ada di bawah flyover dilakukan penutupan.

Cerita Derita Ida Bertahan Hidup di Puing Rumah yang Digusur

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, petugas Sudinhub Jakarta Selatan ikut dalam tim gabungan dari Pemkot tersebut untuk melakukan penertiban.

Penggusuran pagi ini berlangsung ricuh. Sudah ada beberapa orang yang terluka dalam bentrokan antara Satpol PP dengan para warga yang terancam digusur. Keributan mulai pecah pada pukul 8.14 WIB setelah jalan di sekitar Rawajati ditutup sejam sebelumnya.

Warga Rawajati Enggan Direlokasi, Wagub Djarot Santai

Menurut Chris, saat proses penertiban, Jalan Raya Kalibata di bawah flyover dari arah Jalan Dewi Sartika menuju Kalibata maupun dari arah TMPN Kalibata menuju ke arah Jalan Dewi Sartika ditutup. Pengendara kendaraan bermotor diperbolehkan melewati jalan layang atau Flyover Jalan Raya Kalibata.

"Jadi, untuk arah jalan bawah (fly over Kalibata) ke arah Jalan TMP Kalibata dan sebaliknya arah ke Jalan Dewi Sartika Cawang akan ditutup dan dianjurkan lewat fly over Kalibata," kata Chris, Jakarta Selatan, Kamis 1 September 2016.

Ahok Minta Anak-anak Gusuran Rawajati Meniru Putranya

Chris menambahkan, petugas Sudinhub pun disiagakan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan memberitahu jika ada penutupan sementara di titik lokasi tersebut.

"Kami lakukan penempatan anggota melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan melakukan penutupan jalan agar kegiatan pembongkaran bangunan itu berjalan lancar," ucapnya.

Aktivis Ratna Sarumpaet  mendatangi Gedung DPR RI

Ratna Sarumpaet ‘Curhat’ dengan Wakil Ketua DPR

Membawa aspirasi masyarakat Jakarta korban penggusuran di Ibu Kota.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2016