Manusia Tertua asal Sragen Ini Ramai Diberitakan Media Asing

Mbah Gotro asal Sragen
Sumber :
  • Mirror

VIVA.co.id – Nama Mbah Gotro kini tengah ramai jadi pemberitaan media asing. Ya, kakek asal Sragen ini mendadak terkenal setelah diklaim sebagai manusia tertua di dunia dengan usia hampir 1,5 abad.

Kakek Ini Pegang Rekor Baru Manusia Tertua Sejagat

Dari data kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Sragen, kakek dengan nama asli Sodimejo ini tercatat lahir pada tanggal 31 Desember 1870 atau kini telah berusia 146 tahun.

Jika benar telah berusia 146 tahun maka saat Perang Dunia I, kakek yang tercatat sebagai penduduk Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen ini telah berusia 43 tahun.

Manusia Tertua Dimakamkan Berdampingan dengan Putrinya

Dan rupanya temuan sebagai manusia tertua ini membuat Mbah Gotro mendadak terkenal. Kakek yang memiliki 10 anak ini juga ramai menjadi pemberitaan media-media asing.

Menurut media Inggris, Express, dengan usianya sekarang, sosok Mbah Gotro akan sejajar dengan nama-nama beken di dunia seperti James Olofintuyi (Nigeria) dan Dhaqabo Ebba (Ethiopia) yang sempat tercatat sebagai manusia tertua sebelum meninggal.

Pelayat Ramai Datangi Rumah Manusia Tertua asal Sragen

James meninggal di usia 171 tahun dan Dhaqabo meninggal di usia 163 tahun. Sayangnya, klaim keduanya sebagai manusia tertua di dunia juga belum terverifikasi layaknya Mbah Gotro.

Media kondang Inggris lainnya seperti Mirror dan The Sun juga tak mau ketinggalan. Mereka juga ikut memberitakan sosok kakek yang satu ini. Mirror mengupas Mbah Gotro dengan nara sumber sang cucu, Suryanto.

Manusia tertua yang sembuh dari Corona COVID-19

Kakek Ini Pegang Rekor Manusia Tertua yang Sembuh COVID-19

Ia sembuh dari COVID-19 saat usianya mencapai 103 tahun.

img_title
VIVA.co.id
14 Agustus 2020