Muak dengan Ahok, Warga Basmol Berharap pada Risma

Deklarasi warga kampung Basmol agar Tri Rismaharini ikut Pilkada DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA.co.id – Sekelompok warga Kampung Basmol Jalan B, Kelurahan Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, mendeklarasikan dukungan kepada Tri Rismaharini, agar maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022.

Agus Yudhoyono Tak Puas Hanya Didukung Pemilih Muda

Komunitas warga itu menamakan diri mereka sebagai Pendukung Risma untuk Jakarta Raya atau Puri Jaya.

Ketua RW 006 yang mewakili warga, Muhammad Yunus, mengatakan dukungan ini adalah bentuk kegelisahan masyarakat yang muak dengan cara kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok. Mereka menilai Ahok tak pantas menunjukkan sikap keras kepada masyarakat kalangan bawah.

Jelang Pilkada, Ratusan Preman Dijaring Polda Metro

"Memang ini tuntutan dari rakyat bawah, dan kita memang perlu demokratisasi yang full. Selama ini kita, rakyat Jakarta, sudah terlalu pusing, bahkan muak dengan nama Ahok. Ini mohon maaf, kita muak. Tapi karena ini negara demokrasi, bebas ngomong," kata Yunus di Kampung Basmol, Jakarta Barat, Jumat, 26 Agustus 2016. 

Dia menilai ketegasan Ahok telah melewati batas. Untuk itu, dia berharap deklarasi dukungan ini bisa mengetuk pintu hati Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mempersilakan Risma maju dalam Pilkada Jakarta. 

Anies Baswedan Punya Kualifikasi di Atas Agus Yudhoyono

"Karena itu kehadiran kami di sini, memunculkan komitmen Tri Rismaharini sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017," ucapnya. 

Yunus pun menceritakan alasannya menuding Ahok telah melewati batas. "Saya ini ketua RW, saya lihat sudah banyak tendangan yang menyakitkan. Bayangkan saja, ada RT, RW dipecat oleh gubernur, padahal yang menentukan adalah warga, bukan gubernur. RT, RW itu bukan pegawai kelurahan, jangan disamakan," ucapnya keras.

Dalam aksi tersebut juga dilakukan teaterikal pembacaan sajak puisi, dan pelepasan burung-burung sebagai simbol membuang sial penghalang cita-cita Jakarta baru, serta harapan supaya Risma mau memimpin DKI Jakarta. 

"Kami pendukung Risma untuk Jakarta Raya, dengan ini menyatakan kesadaran penuh akan mendukung dan memperjuangkan pemenangan ibu Tri Rismaharini sebagai Gubernur DKI jika PDIP mengeluarkan rekomendasinya," kata Rasmiyanah, Juru Bicara Puri Jaya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya