Persaingan Global, Indonesia Dinilai Bisa Jadi Pemenang

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa Indonesia saat ini berada dalam arena persaingan global yang sangat menantang dan tidak mudah. Menurut dia, bangsa Indonesia harus bisa menaklukkan tantangan tersebut.

Amanat Ketum PKB Cak Imin, Rakyat Papua Harus Punya Jalur Perjuangkan Kesejahteraan

"Lalu menjadi pemenang dan bukan pecundang dalam persaingan global yang ketat dan kerap kali jahat itu," kata Muhaimin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 25 Agustus 2016.

Muhaimin menuturkan, era persaingan bebas sudah berjalan. Bahkan saat ini tengah berlangsung Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

PKB Harap Duet Anies-Muhaimin Dapat yang Terbaik: Setiap Nomor Urut Punya History

"Pasar bebas ini merupakan konsekuensi dari arus globalisasi yang telah dan tengah berlangsung," kata dia lagi.

Politikus yang akrab disapa Cak Imin itu menegaskan bahwa Indonesia mampu menjadi pemenang dengan modal sumber daya manusia dan kekayaan alam yang melimpah. Ia menyebutkan setidaknya sejumlah strategi untuk memenangkan persaingan global tersebut.

Guyonan Petinggi PKB soal Duet Amin yang Juga Belum Dapat Kapten Tim Pemenangan

Pertama, membangun industri hilir baik di bidang pangan maupun sumber daya alam. Kedua, peningkatan kreativitas generasi muda.

"Negara harus memegang kendali atas sumber-sumber pangan dan sumber air sepenuhnya untuk kebutuhan dalam negeri," kata dia.
 
Selain itu, lanjut Cak Imin, membangun pertanian, perikanan dari hulu hingga hilir sebagai basis kekuatan negara dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan untuk menangkal pengaruh buruk globalisasi.

"Pancasila adalah benteng negara dalam menghadapi gempuran negatif," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya