Trik Menagih Utang pada Teman

Teman bisnis.
Sumber :
  • liveolive.com

VIVA.co.id – Hubungan pertemanan adalah sebuah hubungan yang istimewa dan membawa kita kepada pengalaman baru. Setiap bertemu dengan teman, ada saja hal yang menjadi topik pembicaraan seru di setiap harinya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sebagian orang rupanya sudah menganggap temannya seperti saudaranya sendiri. setiap ada masalah selalu bisa berbagi dan saling menyemangati. Namun, ada hal yang rupanya masih dirasa kurang nyaman saat hubungan pertemanan sudah memasuki tahap saling meminjam uang.

Merasa sudah seperti saudara, saat kita sedang membutuhkan pertolongan, kita tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada teman kita, termasuk soal meminjam uang. Begitu juga sebaliknya, teman kita yang mungkin sedang ada masalah keuangan akan meminta bantuan kita.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Namun, bagian yang kurang nyaman adalah di saat kita juga sedang membutuhkan uang, namun teman kita belum membayarnya juga. Jika harus menagih secara langsung, takutnya dia akan merasa kita ini kurang pengertian. Semuanya jadi serba salah.

Jika Anda mengalami hal ini, sekarang tidak perlu merasa serba salah lagi. Berikut, adalah trik bagaimana cara menagih utang pada teman kita:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1. Mengingatkan teman

Jangan terburu-buru untuk menagih utang secara langsung pada teman kita. Anggap saja keadaannya normal seperti biasa.

Pergi hangout dan mengobrol seru. Namun, di sela-sela pembicaraan santai tadi, Anda bisa ingatkan dia bahwa ada utang yang belum dibayar kepada Anda. Siapa tahu teman tersebut pelupa, sehingga tidak ada salahnya diingatkan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui

2. Tetap semangat

Jika teman Anda belum bisa membayar utang tersebut, tetap semangati dia dan tanyakan kapan dia bisa membayar utangnya. Jika alasannya karena menunggu gaji bulanan, Anda harus bersabar untuk tidak terus menagihnya, namun tetap memberinya dukungan.

Baca Juga: Enam Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman

3. Sesekali minta ditraktir

Jika teman Anda bulan ini sudah mendapat gaji dari perusahaan tempatnya bekerja, namun setelah bertemu dengan dia terlihat acuh saja terhadap utangnya, Anda berhak untuk sesekali minta ditraktir olehnya.

Saat dia akan membayar makanan atau minuman yang dipesan, ingatkan dia bahwa ada utang yang belum lunas yang perlu dia bayarkan pada Anda. Dengan begitu, mungkin dia akan mengerti paling tidak saat mentraktir Anda, utangnya bisa berkurang.

4. Harus berani menolak

Pada tahap ini, nampaknya Anda juga punya hak untuk menolak meminjamkan uang lagi kepada teman Anda, karena utang yang sebelumnya belum dia lunasi. Bukannya bertindak kurang baik kepada teman, namun penolakan ini juga bisa menolongnya kelak, agar utangnya tidak semakin bertambah banyak.

Dia juga akan belajar bertanggung jawab untuk segera melunasi utangnya terlebih dulu.

Baca Juga: Cara Lunasi Utang Pasca Debitur Meninggal Dunia

Jangan melibatkan soal utang dalam pertemanan

Jika ada teman yang meminjam uang dan berutang pada kita, bukan berarti perlakuan kita terhadapnya menjadi berbeda, karena dia sedang ada urusan utang dengan kita. Jalankan hubungan pertemanan seperti biasanya.

Teman adalah tempat untuk berbagi suka dan duka, dahulukan hubungan pertemanan Anda, di atas masalah utang.

Baca Juga: Inilah Penyebab Kamu Susah Lepas Dari Utang
 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya