Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

Pengendara bermotor menerobos hujan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Beberapa hari terakhir, Ibukota Jakarta sering dilanda hujan. Bagi Anda pengendara sepeda motor tentu harus waspada. Tak hati-hati, motor Anda dapat mogok di tengah-tengah banjir yang melanda beberapa ruas jalan di Jakarta.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dan yang paling parah, tentu Anda dapat terkena musibah kecelakaan karena kondisi jalan yang licin sehabis hujan. Dalam kesempatan ini, Sony Susmana, Instruktur Senior Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mencoba memberikan sedikit tips sederhana.

"Makanya harus hati-hati. Apalagi dengan jalanan yang licin membuat motor mudah jatuh dan terpeleset," kata Sony saat dihubungi di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Berikut ini tips agar perjalanan dalam berkendara tetap lancar dan sampai tujuan saat hujan:

  1. Melakukan akselerasi dan deselerasi lebih lembut daripada saat kondisi jalan kering.
Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hujan memang membuat banyak pengendara motor cukup kewalahan. Apalagi kondisi jalan yang basah dan kadang bercampur oil, solar yang membuat jalanan lebih licin.

      2. Menjaga kecepatan, kurangi 20 km/Jam saat hujan.

Kondisi yang licin membuat ban motor mudah tergelincir akibatnya Anda harus mengurangi kecepatan demi keselamatan. Hal ini juga berkaitan dengan visibility akibat kaca helm yang basah, sehingga mudah dalam mengantisipasi serta menghindari jalanan yang berlubang.

     3. Jaga jarak aman

Saat jalanan kering jaga jarak aman sekitar 2 detik. Namun pada saat ketika hujan tambahkan lagi jarak aman 2 detik, sehingga menjadi 4 detik. Menambah ruang/jarak aman lebih menguntungkan pengendara dari risiko benturan ataupun masuk lubang karena tidak terlihat oleh genangan air.

    4. Persiapkan dan gunakan jas hujan minimal membawa 2 piece

Saat kondisi hujan, seharusnya memang yang menjadi bahan perlindungan adalah jas hujan. Fungsi jas hujan sangat membantu, guna menghindari air hujan yang dingin dan juga membasahi seluruh tubuh. Tapi ingat, jangan menggunakan jas hujan plonco. Hal ini dikarenakan jas yang mengular dapat membuat tersangkut dirantai motor apabila menggunakan motor berantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya