Hubbul Wathon Ciptaan Pendiri NU akan Jadi Lagu Nasional

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Haul ke-45 Mbah Wahab.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Kepahlawanan dari Kementerian Sosial tengah menyiapkan pengukuhan enam lagu perjuangan nasional baru. Salah satunya, lagu berjudul “Hubbul Wathon” ciptaan mendiang KH Abdul Wahab Chasbullah, atau dikenal dengan Mbah Wahab. Dia salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Lagu ini diciptakan Mbah Wahab sekitar 1916, di masa aktif dalam dunia pergerakan kebangsaan di Surabaya, Jawa Timur. Lagu ini selalu dinyanyikan siswa atau santri Madrasah Nahdlatul Wathon, saat sekolah itu masih berdiri di Surabaya.

"Dirjen Kepahlawanan Kemensos kini tengah menyiapkan enam lagu perjuangan nasional baru, salah satunya Syubbanul Wathon ciptaan Mbah Wahab," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Haul ke-45 Mbah Wahab di Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang, Provinsi Jawa Timur. Acara berlangsung pada Sabtu malam, 13 Agustus 2016.

Atlet Prancis Kebingungan, Lagu Kebangsaanya Jadi Dari Sabang Sampai Merauke

Namun karena akan menjadi lagu nasional, lagu tersebut harus digubah. Sebab, lagu pembangkit nasionalisme di kalangan santri dan kaum muslim pada masa perjuangan itu, menggunakan bahasa Arab. "Sudah disiapkan aransemen dan partiturnya," tutur Ketua Umum Muslimat NU ini.

Mewakili pemerintah, Khofifah meminta persetujuan dari keluarga Mbah Wahab atas rencana pengukuhan lagu Hubbul Wathon menjadi lagu perjuangan nasional. "Kalau disetujui keluarga, penetapan Hubbul Wathon sebagai lagu perjuangan nasional akan dilaksanakan pada Hari Pahlawan 10 November 2016 nanti," ucap Khofifah.

Sosok Ratu Kalinyamat, Pahlawan Nasional Wanita yang Gagah Berani Melawan Portugis

(ren)

Anak-anak SD Korea Utara

Viral Anak-anak di Sekolah Korea Utara Nyanyikan Lagu Nasional Indonesia: Halo-halo Bandung.....

Didirikan pada 1 September 1966, sekolah tersebut telah jadi unggulan di Korea Utara, sering kali mendapatkan penghargaan atas prestasinya di bidang musik dan seni suara.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024