Pemerintah Gandeng Korsel Produksi Mobil BBG

Pengisian gas pada mobil berbahan bakar BBG
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kementerian Perindustrian, di bawah kepempinan menteri baru Airlangga Hartarto, akan mengembangkan dan memproduksi kendaraan converter kit atau mobil berbahan bakar gas (BBG). 

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
Berdasarkan laporan tvOne, Minggu 31 Juli 2016, Kementerian Perindustrian menggaet Korea Institute of Industrial Technology (KITECH) dan perusahaan Korea Selatan untuk mengembangkan kendaraan bahan bakar gas. 

Menperin Desak Calya-Sigra 100 Persen Indonesia
Saat ini converter kit gas telah diwajibkkan di kendaraan dinas pemerintahan. Coverter kit pun telah lama dikembangkan di Indonesia, namun belum ada satu pun industri di Indonesia yang khusus memproduksi kompenen konverter kit CNG (compressed natural gas).

B4T bersama KITECH rencananya akan  memproduksi konverter kit CNG ini secara massal. Kementerian perindustri saat ini telah membuat prototipe konverter kit CNG dan telah dipasang di semua mobil dinas di Kementerian Perindustrian.

Kepala B4T, Haris Munandar, mengatakan KITECH siap membantu Indonesia dari segi investasi dan teknologi. Selama ini KITECH sudah melakukan riset di Indonesia, dan diyakini Indonesia sudah sangat siap mengubah kendaraan dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas.    

Penggunaan kendaraan berbahan bakar gas di Indonesia saat ini sedang dalam proses sosialisasi kepada masyarakat. Beberapa pemerintah daerah bahkan sudah mengembangkan kendaraan massal dengan bahan bakar gas. Seperti di Bandung akan ada rencana angkot berbahan bakar gas. 


Laporan: Jhon Hendra
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya