Hendropriyono Ungkap Sulitnya Sesama Intel Berkoordinasi

Mantan Kepala BIN, Hendropriyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Kapolri: Operasi Tinombala dan Nemangkawi Serap Biaya Tinggi
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM. Hendropriyono menilai insiden salah tembak antar aparat keamanan pada saat memburu kelompok terduga teroris Santoso dalam operasi Tinombala di Poso beberapa waktu lalu terjadi akibat lemahnya koordinasi intelijen.

Kapolri Listyo Ganti Nama Operasi Tinombala Jadi Madago Raya

Ia mengakui, dalam sebuah operasi di medan perang biasanya setiap kelompok atau regu memiliki kode-kode atau sandi intelijen tertentu yang digunakan sebagai kode untuk mengidentifikasi mana kawan dan lawan.
Polisi Tembak Istri dan Anggota TNI, Dugaan Perselingkuhan


Sehingga ia meyakini, kasus salah tembak antar pasukan Brimob Polri dengan Pasukan TNI AD terjadi karena lemahnya koordinasi intelijen antar regu atau kelompok.


"Saya pernah kerja di sana (BIN). Kadang
saking
rahasianya sampai sesama teman sendiri masih rahasia-rahasian juga. Operasi intelijen tidak terkoordinasi dengan baik. Masalah koordinasi masih sulit," kata Hendropriyono di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat, 29 Juli 2016.


Untuk menghindari kejadian serupa, lanjut Hendro, para pemimpin regu atau pasukan di lapangan harus memperbaiki koordinasi intelijen di medan perang.


"Termasuk kualitas intelijen kita secara individu harus ditingkatkan," ujarnya.


Selain itu, ia menyarankan, agar para pemimpin pasukan baik di internal TNI maupun Polri dapat memperhatikan psikologis pasukan yang saat ini tengah memburu sisa-sisa kelompok terduga teroris Santoso di Poso Sulawesi Tengah.


"Itu yang terpenting, selain soal koordinasi sesama tim keamanan dalam operasi intelijen harus diperbaiki, para pemimpin di lapangan juga harus memperhatikan kondisi kejiwaan (psikologis) pasukan di lapangan," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya