Tuduhan Langgar HAM, Wiranto Dibela Ruhut

Anggota DPR dari Partai Demokrat, Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, membela Ketua Umum Partai Hanura Wiranto yang menjabat sebagai Menko Polhukam terkait dengan sejumlah dugaan kasus pelanggaran HAM.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

"Sebelum saya jadi anggota DPR, saya lawyer Wiranto. Saya ingat sekali sempat mendampingi beliau di Komnas HAM," kata Ruhut di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Ia memastikan Wiranto tak pernah sampai pada proses di pengadilan. Lalu ia juga malah berterima kasih pada Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang telah menyampaikan pada dunia internasional soal adanya pengadilan HAM di Indonesia.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

"Akhirnya yang diproses ada beberapa perwira TNI. Tapi saya tegaskan klien saya tak pernah. Klien saya yang lain, saya lawyer TNI Polri, faktanya juga semua bebas," kata Ruhut.

Ia justru mengkritik Komnas HAM yang mengomentari soal Wiranto sebagai Menko Polhukam. Komnas HAM diminta agar tak hanya mengomentari persoalan HAM yang ada kaitannya dengan politik.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

"Apa tidak terjadi pelanggaran HAM pada keluarga TNI Polri di Poso, Timor Timor, Aceh dan sebagainya? Pernah nggak mereka ribut? Diam-diam saja. Apa TNI Polri tak punya keluarga? Semua juga punya keluarga," kata Ruhut.

Ia pun menceritakan soal tuduhan pelanggaran HAM tersebut sudah dijawab Wiranto saat serah terima jabatan. Wiranto merespons dengan mempertanyakan tempat ia pernah melanggar HAM dan diadili.

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024