Cara Pilih Bahan Bangunan yang Berkualitas

Bahan bangunan
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id - Banyaknya jenis bahan bangunan yang ditawarkan toko, memang kerap membuat bingung konsumen dalam memilih material apa yang tepat untuk digunakan. Alhasil, tak jarang dari mereka yang cuma sekadar asal pilih. 

Viral Tukang Bangunan Pasang Ubin Sampai Tutup Jendela, Dibilangin Ngeyel

Sebagai contoh adalah pasir. Di toko bangunan, pasir memiliki berbagai jenis sesuai dengan karakternya masing masing.

Misalnya pasir rangkas, pasir batam, pasir halus, dan sebagainya. Belum lagi, bahan lain dengan merek tertentu seperti cat, keramik, atau genteng.

Gempa M 7,4 di Taiwan, 4 Orang Tewas dan 711 Luka-luka

Jika ingin ruangan di dalam rumah tidak panas, penggunaan bata merah dan genteng keramik lebih disarankan. Namun, jika menginginkan bahan bangunan dengan harga murah, bata ringan dan genteng metal bisa menjadi pilihan. 

Tentu saja, hal tersebut menciptakan jawaban yang berbeda bagi setiap orang. Namun, jika berbicara mengenai kualitas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah bahan bangunan tersebut berkualitas dan layak untuk dibeli atau tidak.

Potret Istana Versailles Disulap Jadi Arena Olimpiade 2024

Pasir

Pasir yang berkualitas akan terlepas dari kerikil, lumpur, tanah, dan kotoran organik. Untuk mengetahui kualitasnya, Anda bisa meletakkan pasir di telapak tangan.

Seandainya menempel, maka pasir tersebut berkualitas baik. Cara lainnya, Anda bisa meletakkan pasir pada gelas bening yang sudah terisi air, kemudian aduk dan diamkan beberapa menit.

Jika bagian air terlihat sangat butek, atau agak kecokelatan, kandungan lumpur pada pasir tersebut sangat tinggi.

Batu bata

Jenis batu bata bisa berupa bata merah atau bata ringan, tergantung kebutuhan. Namun, sangat disarankan untuk memilihnya secara seragam. Bata yang berkualitas adalah bata kering dengan tingkat kelembapan rendah. Untuk mengetahui kualitasnya, Anda bisa mengetuknya dengan logam, jika bunyinya nyaring, maka bata tersebut berkualitas baik.

Semen

Berbeda dengan pasir dan batu bata, semen umumnya dijual oleh perusahaan dengan merek tertentu. Ini agak mudah dalam mengetahui kualitasnya, Anda hanya tinggal mencari logo standar nasional Indonesia pada kemasan karena sudah melalui uji material.

Kayu

Kayu kalimantan, kamper, merbau, dan mahoni sangat populer di kalangan pengguna material kayu. Hanya saja, untuk mengetahui kualitasnya cukup sulit, karena tak bisa dilakukan sendiri. Untuk sekadar diketahui, kayu yang berkualitas memiliki kandungan air kurang dari 20 persen.

sumber: Rumahku.com 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya