Ini Tulisan di Makam Fiktif di TPU Pasar Baru

Pembongkaran makam fiktif
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Senin 25 Juli 2016, kembali membongkar adanya temuan makam fiktif. 

Pemilik Makam Fiktif Harus Secepatnya Kembalikan Izin

Temuan makam fiktif tersebut, terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet, Pasar Baru. Berbeda dengan temuan makam fiktif di TPU Karet Bivak, di TPU Karet Pasar Baru, nisan pada makam fiktif bertuliskan bayi saja.

Sebelumnya, temuan makam fiktif di TPU Karet Bivak, pada batu nisannya hanya bertuliskan nama, tempat lahir tanpa tanggal, dan tempat wafat tanpa tanggal.

Total Ada 422 Makam Fiktif, Semua Tersebar di Jakarta

"Kalau di TPU Karet Pasar Baru, nisannya bertuliskan bayi. Begitu saja. Tidak ada nama, tempat, dan tanggal lahir, serta tempat dan tanggal wafatnya tidak ada sama sekali," ujar Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat, Munjirin, saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 25 Juli 2016.

Lantas, lanjutnya, mereka pun segera menghubungi ahli waris yang terdata atas makam itu. Saat dihubungi, ahli waris langsung menyerahkan tanah kembali pada pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Hari Ini Djarot Temukan 10 Makam Fiktif

Kata dia, pihak ahli waris menolak bertemu saat dihubungi. Dia menambahkan, ada tiga makam fiktif yang dibongkar dan semuanya bertuliskan bayi.

"Kalau kemarin, di TPU Karet Bivak kan, yang di nisan kuburannya bukan diatasnamakan yang masih hidup. Kalau di sini (Karet Pasar Baru), ditulis bayi. Mereka lewat telepon sudah menyerahkan kembali," ujarnya. (asp)

Ziarah di suatu pemakaman umum.

Di Banten, Meninggal Dunia Wajib Siapkan Uang Rp3 Juta

Warga mengeluhkan biaya pemakaman terlampau besar

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2016